MATA
KULIAH KALKULUS 1 (2 SKS)
PRODI
TEKNIK INFORMATIKA - F.MIPA
UNIVERSITAS
TRIBUANA KALABAHI
TINJAUAN MATA KULIAH
1. Deskripsi Mata Kuliah
1.1. Arti Penting:
1. Alat
2. Bahasa matematika
1.2. Materi Kuliah:
1. Fungsi Real
2. Turunan dan
Penerapannya
3. Integral
dan Penerapannya
4.
Fungsi Transenden
5. Teknik Pengintegralan dan Integral Tak Wajar
1.2.1. Logika Kalimat:
1. Dasar-dasar Kalkulus
2. Teorema-teorema yang dinyatakan
dengan berbagai ungkapan.
1.2.2. Metode Pembuktian:
Pembuktian
Teorema-teorema limit dan kekontinuan, dll yang ada kaitannya dalam bidang
kalkulus
2. Manfaat Mata Kuliah
1. Dasar bagi
mahasiswa untuk berfikir logis dan terstruktur
2. Mampu berkomunikasi
dengan baik,
3. Mampu beradaptasi
secara cepat
3. Tujuan Pembelajaran
1. Memberikan
kemampuan kepada mahasiswa untuk mampu berfikir logis yang kuat sehingga mampu
menyelesaikan permasalahan di bidang matematika, maupun di bidang lain
2. Memberikan daya
nalar yang tajam, sehingga mudah beradaptasi dan dapat mengembangkan diri
dengan baik
3. Memberikan
kemampuan kepada mahasiswa untuk mampu menggunakan grafik sebagai pendekatan
penyelesaian yang kompleks, penggunaan kalkulus diharapkan dapat mengatasi
berbagai permasalahan.
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN (SAP)
MATA KULIAH KALKULUS
1 (S1 - MATEMATIKA)
KODE / SKS
: /2 SKS
Minggu Ke
|
Pokok Bahasan dan
TIU
|
Sub-pokok Bahasan
dan Sasaran Belajar
|
1
|
1. FUNGSI
REAL
|
1.1
Pendahuluan
Sistem bilangan real
Aksioma Lapangan
Sifat-sifat
Nilai Mutlak
Sistem Kordinat Persegi
panjang (
Restangular Cordinate)
Garis Lurus
Grafik Persamaan
|
2
|
|
Fungsi dan grafiknya
Fungsi Trigonometri
Pendahuluan
limit
|
3
|
|
Teorema limit
Limit
melibatkan Fungsi Trigonometri
Kekontinuan
fungsi
|
4
|
Tugas ke-1:
Pertemuan minggu ke-1 sd minggu ke-3
|
. Limit Tak berhingga dan
limit di tak hingga
|
5
|
TURUNAN DAN PENERAPANNYA
Tugas ke-2: Pertemuan
minggu ke- 4 sd minggu ke-5
|
2.1.
Turunan
2.2.
Aturan Pencarian Turunan
2.3.
Aturan Sinus dan Cosinus
2.4.
Aturan Rantai
2.5.
Notasi Leibiniz
|
6
|
|
2.6.
Turunan Tingkat tinggi
2.7.
Laju yang berkaitan
2.8.
Diferensial dan hampiran
2.9.
Maksimum dan Minimum
|
7
|
Tes Kecil 1
Tugas
ke-3: Pertemuan minggu ke-6 sd minggu ke-7
|
Pertemuan
1-6
Tugas:
materi pertemuan ke-6 dan ke-7
|
8
|
Tes Tengah Semester (TTS)
|
Materi
Pertemuan 1-6
|
9
|
INTEGRAL DAN PENERAPANNYA
|
3.1.
Anti Turunan (integral tak tentu)
3.2.
integral tentu
3.3.
Teorema Dasar Kalkulus 1
|
10
|
Tugas ke-4:
Pertemuan ke-9 dan ke-10
|
3.4.
Luas daerah dengan integral
3.5.
Volume Benda Putar dengan integral
3.6.
Fungsi Invers
3.7. Fungsi logaritma natural dan
eksponen natural
3.8.
Fungsi eksponen dan logarima umum
|
11
|
|
3.9 Fungsi
Invers trigonometri
3.10.
Fungsi berpangkat tiga
|
12
|
4.
FUNGSI TRANSENDEN
Tugas ke 5:
Pertemuan ke-11 dan ke-12
|
4.1.
Fungsi logaritma Asli
4.2.
Fungsi-fungsi Balikan dan turunannya
4.3.
Pertumbuhan dan Peluruhan Eksponen
4.4.
Persamaan Diferensial Linear Orde Satu
4.5.
Fungsi-fungsi Balikan dan Trigonometri
4.6.
Fungsi-fungsi Hiperbola dan balikannya.
|
13
|
5. TEKNIK PENGINTEGRALAN DAN INTEGRAL TAK WAJAR
|
5.1.
Integral parsial
5.2 Integral fungsi trigonometri
5.3 Integral dengan subtitusi trigonometri
5.4
Integral dengan subtitusi bentuk akar
5.5
Integral fungsi rasional
|
14
|
Tugas
ke-6: Makalah kelompok
(pertemuan ke 13 dan ke-14)
|
5.6. Integral tak wajar dengan batas atas
atau bawah tak hingga
5.7. Integral tak wajar dengan integran
diskontinu pada daerah pengintegralan
|
15
|
Tes
kecil 2
|
Materi
Pertemuan ke-9 sd ke 13
|
16
|
Tes
Akhir Semester (TAS)
|
Materi
Pertemuan ke-9 sd ke-13
|
RENCANA
PROGRAM SEMESTER (RPS)
1. IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah
|
:
|
Kalkulus 1
|
Program
Studi
|
:
|
Teknik
Informatika
|
Kode Mata Kuliah
|
:
|
|
SKS
|
:
|
2
(dua)
|
Semester
|
:
|
1
(satu)
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
2016/2017
|
2. DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH
Mata
kuliah Kalkulus 1 ditujukan untuk memberikan pengetahuan terkait dasar - dasar
kalkulus yang diperlukan dalam tingkat sarjana program studi Teknik
Informatika .
Materi yang diberikan terbagi menjadi 5 pokok bahasan yaitu (1) Fungsi real (sistem bilangan
real, fungsi, limit dan kekontinuan),
(2) turunan
dan penerapannya, (3) integral
dan penerapannya, (4) fungsi
transenden, (5) teknik
pengintegralan dan integral tak wajar. Dengan perkuliahan ini mahasiswa
diharapkan dapat memahami konsep turunan dan integral fungsi satu variabel
dan penerapannya dalam masalah terkait bidang informatika dan ilmu
komputasi.
|
3. DAFTAR PUSTAKA
D.
Mursita. Matematika untuk Perguruan Tinggi. Rekayasa Sains. 2011.
D. Valberg, E. Purcell, S. Rigdon. Calculus, 9th Edition.
Pearson. 2006.
J.
Stewart. Calculus, 7th Edition. Brooks Cole. 2012.
4. KOMPONEN PENILAIAN
Proses
penilaian pada mata kuliah ini dibedakan dalam 4 komponen, diantaranya adalah
sebagai berikut :
a.
Kehadiran dan Pengamatan
Komponen ini memiliki poin sebesar 10% dari total
pertemuan tatap muka di kelas (14). Kehadiran merupakan salah satu komponen
penunjang dalam melakukan proses penilaian karena setiap pertemuan akan
membahas berbagai macam model persoalan yang akan didiskusikan bersama. Setiap
persoalan yang dilontarkan menuntut adanya peran aktif mahasiswa untuk dapat
mengemukakan pendapat mereka dengan baik. Keaktifan mahasiswa akan dijadikan
nilai tambah secara objektif untuk penilaian akhir. Pengamatan terhadap respon mahasiswa
berkaitan dengan karakter mahasiswa juga merupakan bagian dalam penilaian.
b. Tugas
Selama 1 semester, mahasiswa akan diberikan 6x tugas
yang terdiri dari 5x tugas mandiri
dan 1x
tugas kelompok. Tugas ini diberikan sebanyak
3x sebelum TTS dan 3x setelah
TTS. Komponen keseluruhan tugas memiliki poin sebesar 15%.
c.
TK (Tes Kecil)
Tes Kecil dilakukan sebanyak 2x sebelum Tes Tengah
semester dan sebelum Tes Akhir Semester
dengan bobot poin 10 %.
d.
TTS ( Tes Tengah Semester)
TTS dilakukan pada pertemuan ke 8 dari keseluruhan
total pertemuan melalui ujian tertulis, praktek atau mini project yang akan
dipresentasikan. Materi yang diujikan adalah materi pertemuan 1 sampai dengan 6,
dengan bobot yang diberikan sebesar 25 %.
e.
TAS (Tes Akhir Semester)
TAS dilakukan pada pertemuan ke 16 dari keseluruhan
total pertemuan melalui ujian tertulis, praktek atau mini project yang akan
dipresentasikan. Materi yang diujikan adalah materi setelah TTS yaitu materi pada
pertemuan 9 sampai dengan 14, dengan bobot yang diberikan sebesar 40%.
Catatan :
-
Tidak berlaku ujian susulan
baik TTS maupun TAS kecuali kepada mahasiswa yang diberikan izin khusus seperti
sakit (disertai dengan surat dokter dan surat dari orang tua/wali), atau
terlibat dalam kegiatan akademik di luar kampus (disertai dengan surat izin
yang ditanda tangani oleh KAPRODI)
-
Tidak berlaku perbaikan nilai
Tugas, TTS maupun TAS kecuali diikuti oleh seluruh peserta mata kuliah
5. KRITERIA PENILAIAN
Penilaian dilakukan
berdasarkan semua komponen nilai yang ada. Nilai akhir yang diperoleh mahasiswa
merupakan rata-rata dari perolehan tiap komponen dengan melibatkan bobot
masing-masing. Nilai akhir merupakan gambaran kemampuan dan kualitas mahasiswa
terhadap ilmu yang sudah diperoleh selama 1 semester. Nilai akhir akan dikonversi
ke dalam bentuk angka dan huruf dengan rincian sebagai berikut :
E
|
Merupakan perolehan mahasiswa yang tidak mengikuti tugas, TTS,
TAS dan kehadiran 39,99%
|
D
|
Merupakan perolehan
mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dan mengerjakan tugas seadanya, tidak
memiliki kemauan dan tanggung jawab untuk memahami materi.
|
C
|
Merupakan perolehan
mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan cukup baik, berusaha memahami
materi namun kurang konssisten sehingga baru mampu menyeleseaikan sebagian
dari masalah / tugas dengan akurasi
yang kurang.
|
B
|
Merupakan perolehan
mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan
mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi bagus.
|
A
|
Merupakan perolehan
mahasiswa superior, yaitu mereka yang mengikuti perkuliahan dengan sangat
baik, memahami materi dengan sangat baik bahkan tertantang untuk memahami
lebih jauh, memiliki tingkat proaktif dan kreatifitas tinggi dalam mencari
informasi terkait materi, mampu menyelesaikan masalah dengan akurasi sempurna
bahkan mampu mengenali masalah nyata pada masyarakat / industri dan mampu
mengusulkan konsep solusinya.
|
6. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Minggu ke-
|
Kemampuan Akhir yang Diharapkan
|
Bahan Kajian
(Materi Ajar)
|
Strategi Pembelajaran
|
Kriteria Penilaian (Indikator)
|
Bobot Nilai
|
1 sd 16
|
Kehadiran / Pengamatan (Pertemuan 1-16)
|
10%
|
|||
4,5 & 7
|
Tugas 1 (Waktu: minggu ke - 4): materi minggu ke 1-3 ; Tugas ke-2: materi
minggu ke 4 & 5 (waktu: mingg ke-5) ; tugas ke-3: materi minggu ke 6 dan 7 (waktu:
minggu ke -7)
|
7,5%
|
|||
4
|
Tes Kecil ke-1
(Materi Pertemuan 1 sd 4, setelah pembahasan materi pertemuan ke 4)
|
5%
|
|||
1
|
Memahami
sistem bilangan real.
Mampu
menyelesaikan pertaksamaan bilangan real.
Mampu
menyelesaikan pertaksamaan bilangan real dengan tanda mutlak.
|
Sistem
bilangan real.
Pertaksamaan
bilangan real.
Pertaksamaan
bilangan real dengan tanda mutlak.
|
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
|
Mahasiswa dapat:
menjelaskan pengertian himpunan bilangan
real;
menyelesaikan
pertaksamaan bilangan real;
menyelesaikan
pertaksamaan bilangan real dengan tanda mutlak.
|
|
2
|
Mampu
menentukan daerah asal (domain) dan dareah nilai / hasil (range) dari
suatu fungsi.
Mampu
menggambar grafik fungsi linier dan fungsi kuadrat.
Mampu
membedakan fungsi genap dan fungsi ganjil.
Dapat
memakai teknik pergeseran untuk menggambar fungsi sederhana.
Dapat
menentukan komposisi dua fungsi atau lebih.
|
Daerah
asal (domain) dan daerah nilai (range).
Grafik
fungsi sederhana (fungsi linier dan fungsi kuadrat).
Fungsi
genap dan fungsi ganjil.
Fungsi
trigonometri.
Menggambar
fungsi-fungsi sederhana dengan teknik pergeseran.
Fungsi
komposisi.
Daerah
asal dan daerah nilai fungsi komposisi.
|
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
|
Menentukan
daerah asal dan daerah nilai/hasil
suatu fungsi;
Menggambar
grafik fungsi linier dan fungsi kuadrat;
Membedakan antara fungsi genap, fungsi ganjil dan bukan
keduanya;
Menggambar
grafik fungsi dengan teknik pergeseran;
Menentukan
hasil komposisi dua fungsi atau lebih;
Menentukan
daerah asal dan daerah nilai / hasil fungsi komposisi.
|
|
3
|
Dapat
menentukan limit fungsi di satu titik.
Dapat
menghitung nilai limit menggunakan sifat-sifat limit.
Mampu
menghitung nilai limit fungsi trigonometri.
Mampu
memakai teorema apit untuk menentukan nilai limit suatu fungsi.
Dapat
memeriksa kekontinuan fungsi di satu titik.
Dapat
menentukan interval kekontinuan
|
Konsep limit.
Limit
sepihak: limit kiri dan limit kanan.
Sifat-sifat
limit dan teorema apit.
Limit fungsi
trigonometri.
Kekontinuan di suatu titik.
Kekontinuan
pada interval.
|
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
|
menentukan
limit kiri dan limit kanan suatu fungsi
menghitung nilai limit
menggunakan sifat-sifat limit,
menghitung nilai limit fungsi
trigonometri;
menentukan
nilai limit suatu fungsi
dengan menggunakan teorema apit
menentukan
kekontinuan suatu fungsi di satu titik.
menentukan interval
kekontinuan;
|
|
4
|
Dapat
menghitung nilai limit tak hingga;
Dapat menghitung limit di tak hingga
|
Limit
tak hingga dan limit di tak hingga.
|
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
|
menghitung nilai limit tak hingga
menghitung nilai limit di tak hingga;
|
|
8
|
TTS :Materi pertemuan minggu
ke- 1 sd minggu ke-6
(waktu pelaksanaan minggu
ke-8)
|
25 %
|
|||
5
|
Dapat
menjelaskan hubungan keterdiferensialan dan kekontinuan.
Dapat
menentukan turunan dari jumlah fungsi, hasil kali fungsi, dan hasil bagi
fungsi.
Dapat
menentukan turunan fungsi trigonometri.
Dapat
menentukan turunan fungsi komposisi.
Dapat
mencari turunan ke dua dari suatu fungsi.
|
Keterdiferensialan
dan kekontinuan.
Aturan
pencarian turunan.
Turunan fungsi trigonometri.
Aturan
rantai.
Turunan
tingkat tinggi.
|
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
|
Mahasiswa dapat
menjelaskan
keterkaitan antara keterdiferensialan dan kekontinuan suatu fungsi.
menentukan
turunan dari jumlah fungsi, hasil kali fungsi, dan hasil bagi fungsi.
menentukan
turunan fungsi trigonometri sederhana.
menentukan
turunan fungsi komposisi sederhana.
menentukan
turunan ke dua fungsi sederhana.
|
|
6
|
Dapat
menghitung turunan fungsi implisit.
Dapat
menentukan persamaan garis singgung dan garis normal suatu fungsi di satu
titik.
|
Turunan
fungsi implisit.
Garis
singgung dan garis normal fungsi.
|
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
|
Menentukan
turunan suatu fungsi implisit;
Menentukan
persamaan garis singgung dan garis normal suatu fungsi di satu titik;
|
|
7
|
Dapat menentukan selang kemonotonan dan nilai ekstrim suatu fungsi
Dapat menentukan selang kecekungan dan titik belok
fungsi
Dapat menentukan asymtot suatu fungsi
Mampu
menggambar fungsi lanjut dengan bantuan turunan fungsi.
Dapat
menghitung limit dari fungsi bentuk
|
Selang kemonotoan fungsi
Masalah maksimum dan minimum.
Teknik
menggambar fungsi lanjut dengan turunan.
Limit
dari fungsi bentuk
.
|
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ response dan
kuis.
|
Menentukan selang kemonotonan suatu fungsi
menentukan
nilai ekstrem suatu fungsi: nilai maksimum dan nilai minimum;
menentukan selang kecekungan fungsi
menentukan titik belok suatu fungsi
mementukan asymtot suatu fungsi
menggambar
fungsi lanjut dengan selang kemonotonan, selang kecekungan, asymtot, titik belok, dan titik ekstrem;
menghitung
limit fungsi bentuk
|
|
9
|
Memahami
integral sebagai anti turunan.
Memahami
integral tentu dari fungsi pada suatu selang dengan limit jumlah Riemann.
Dapat
menghitung integral tentu dengan teorema dasar
kalkulus 1.
Dapat
menghitung turunan fungsi dalam notasi integral
|
Integral
tak tentu.
Integral
tentu.
Teorema
dasar kalkulus 1.
|
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
|
Mahasiswa dapat
menghitung
integral tak tentu dari suatu fungsi dengan konsep anti turunan.
menghitung
integral tentu dengan teorema dasar kalkulus I
menghitung
turunan fungsi dalam notasi integral
|
|
10
|
Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah.
Menggunakan integral untuk menghitung volume benda putar
dengan menggunakan metode vakram dan metode kulit tabung
|
Luas
daerah dengan integral.
Volume
benda putar dengan integral.
|
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
|
menghitung
luas dengan integral;
menghitung
volume benda putar bila daerah diputar mengelilingi salib sumbu dengan
metode cakram ;
menghitung
volume benda putar bila daerah diputar mengelilingi salib sumbu dengan
metode kulit tabung ;
menghitung
volume benda putar bila daerah diputar
mengelilingi garis sejajar salib sumbu;
|
|
10
|
Mampu
menentukan invers suatu fungsi
Mampu
menentukan turunan dan integral untuk fungsi eksponen dan logaritma natural.
Mampu
menentukan turunan dan integral untuk fungsi eksponen dan logaritma umum.
|
Fungsi
invers.
Fungsi
logaritma natural dan eksponen natural.
Fungsi
eksponen dan logaritma umum.
|
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
|
Mahasiswa dapat
menentukan
invers suatu fungsi.
menentukan
turunan dan integral untuk fungsi eksponen dan logaritma natural
menentukan
turunan dan integral untuk fungsi eksponen dan logaritma umum
|
|
11
|
Mampu
menentukan invers fungsi trigonometri;
Mampu menentukan
turunan fungsi invers trigonometri;
Mampu mendapatkan turunan fungsi berpangkat fungsi
|
Fungsi
invers trigonometri.
Fungsi berpangkat fungsi
|
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
|
Mencari invers fungsi trigonometri;
Mencari turunan fungsi invers trigonometri;
Mencari turunan fungsi berpangkat fungsi
|
|
10, 12, & 14
|
Tugas 4:
materi minggu ke 9 & 10 (waktu: Minggu ke-10), Tugas ke-5: materi minggu
ke 11 & 12 (minggu ke-12) dan 6 dan
tugas ke-14 :materi
minggu ke 13 & 14)
|
7,5 %
|
|||
15
|
Tes Keci 2 : Materi minggu ke 9-14(waktu
pelaksanaan: minggu ke-15)
|
5%
|
|||
16
|
TAS : Materi pertemuan ke 9-14 (waktu pelaksanaan
minggu ke-16)
|
40%
|
|||
12
|
Mampu
menghitung integral dengan metode integral parsial.
Mampu
menghitung integral fungsi trigonometri.
Mampu
menghitung integral dengan subsitusi trigonometri.
|
Integral
parsial.
Integral
fungsi trigonometri.
Integral
dengan substitusi trigonometri.
|
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
|
Mahasiswa dapat
menghitung
integral dengan metode integral parsial.
menghitung
integral fungsi trigonometri.
menghitung
integral dengan subsitusi trigonometri.
|
|
13
|
Mampu
menghitung integral dengan subsitusi bentuk akar.
Mampu
menghitung integral fungsi rasional.
|
Integral
dengan subsitusi bentuk akar.
Integral
fungsi rasional.
|
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
|
menghitung
integral dengan subsitusi bentuk akar.
menghitung
integral fungsi rasional.
|
|
14
|
Menghitung
integral tak wajar dengan batas atas atau bawah tak hingga.
Menghitung
integral tak wajar dengan integran diskontinu pada daerah pengintegralan.
|
Integral
tak wajar dengan batas atas atau bawah tak hingga.
Integral
tak wajar dengan integran diskontinu pada daerah pengintegralan.
|
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ response dan
kuis.
|
menghitung
integral tak wajar dengan batas atas atau bawah tak hingga.
Menghitung
integral tak wajar dengan integran diskontinu pada daerah pengintegralan.
|
7. Deskripsi Tugas
Mata
Kuliah
|
Kalkulus
1
|
Kode
MK
|
:
|
||
Minggu
ke
|
:
4 , 5 dan 7
|
Tugas
ke
|
:
1 ,2 dan 3
|
||
Tujuan Tugas:
|
Mahasiswa
mampu memahami konsep Kalkulus I secara umum, mulai dari pertaksamaan
bilangan real dengan tanda mutlak.
Mahasiswa
dapat menyelesaikan menentukan daerah asal (domain) dan dareah nilai / hasil (range) dari
suatu fungsi, menggambar grafik fungsi linier dan fungsi kuadrat, Mampu
membedakan fungsi genap dan fungsi ganjil, dapat memakai teknik pergeseran
untuk menggambar fungsi sederhana, dapat menentukan komposisi dua fungsi atau
lebih.
Dapat menentukan limit fungsi di satu
titik;dapat menghitung nilai limit menggunakan sifat-sifat limit; mampu
menghitung nilai limit fungsi trigonometri;mampu memakai teorema apit untuk
menentukan nilai limit suatu fungsi;dapat memeriksa kekontinuan fungsi di
satu titik;dapat menentukan interval kekontinuan.
|
||||
Uraian Tugas:
|
Obyek
minggu
ke 4 : memahami konsep Kalkulus I secara umum
mingguke
5 : menyelesaikan limit fungsi trigonometri, interval kekontinuan
Minggu
ke 7: Dapat menghitung nilai limit tak hingga; Dapat menghitung limit di tak hingga
; turunan fungsi implisit; Dapat menentukan persamaan garis singgung dan
garis normal suatu fungsi di satu titik; Dapat menentukan selang kemonotonan dan nilai ekstrim suatu fungsi; selang
kecekungan dan titik belok fungsi ; asymtot suatu fungsi;mampu menggambar fungsi lanjut
dengan bantuan turunan fungsi;Dapat menghitung limit dari fungsi bentuk
|
||||
Yang
Harus Dikerjakan dan Batasan - batasan
Semua
arahan tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah
|
|||||
Metode/Cara
Kerja/Acuan yang Digunakan
Metode
yang digunakan untuk menyelesaikan setiap permasalahan adalah berdasarkan
arahan yang diberikan oleh dosen disetiap pertemuan. Disamping itu, mahasiswa
diperbolehkan untuk mengeksplor lebih jauh melalui internet mengenai cara
penyelesaian lewat beberapa contoh studi kasus.
|
|||||
Dekripsi
Luaran Tugas yang Dihasilkan
Setiap
tugas akan dibahas pada minggu berikutnya di kelas. Hasil tugas dikirimkan ke
alamat email dosen dan dicatat pada log book sebagai bahan pembelajaran lebih
lanjut, dan atau bisa dikumpulkan melalui lembar jawaban mahasiswa.
|
|||||
Kriteria Penilaian:
|
kemampuan
dalam memahami maksud soal
proses
penyelesaian dari setiap masalah dengan baik dan benar
pengumpulan
hasil tugas tepat waktu
|
||||
Mata
Kuliah
|
: Kalkulus
I
|
Kode
MK
|
:
|
||
Minggu
ke
|
:
10,12 dan 14
|
Tugas
ke
|
:
4,5, dan 6
|
||
Tujuan Tugas:
|
Mampu
menentukan : invers suatu fungsi , turunan dan integral untuk fungsi eksponen
dan logaritma natural, turunan dan integral untuk fungsi eksponen dan
logaritma
Mampu
menentukan invers fungsi trigonometri,turunan fungsi invers trigonometri,dan mampu
mendapatkan turunan fungsi berpangkat fungsi .
Mampu
menghitung integral dengan metode integral parsial, integral fungsi
trigonometri, dan integral dengan subsitusi trigonometri.
Mampu
menghitung integral dengan subsitusi bentuk akar, dan menghitung integral fungsi rasional.
Menghitung
integral tak wajar dengan batas atas atau bawah tak hingga, dan menghitung integral tak
wajar dengan integran diskontinu pada daerah pengintegralan.
|
||||
Uraian Tugas:
|
Obyek
minggu
ke 10 : menentukan invers suatu fungsi, turunan
dan eksponen logaritma.
minggu
ke 12 : menghitung integral parsial, integral fungsi trigonometri, dan
integral dengan subsitusi trigonometri
minggu
ke 14 : Menghitng integral dengan batas tak wajar dengan integran diskontin
pada pengintegralan
|
||||
Yang
Harus Dikerjakan dan Batasan-Batasan
Semua
soal yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah
|
|||||
Metode/Cara
Kerja/Acuan yang Digunakan
Metode
yang digunakan untuk menyelesaikan setiap permasalahan adalah berdasarkan
arahan yang diberikan oleh dosen disetiap pertemuan. Disamping itu, mahasiswa
diperbolehkan untuk mengeksplor lebih jauh melalui internet mengenai cara
penyelesaian lewat beberapa contoh studi kasus.
|
|||||
Dekripsi
Luaran Tugas yang Dihasilkan
Setiap
tugas akan dibahas pada minggu berikutnya di kelas. Hasil tugas dikirimkan ke
alamat email dosen dan dicatat pada log book sebagai bahan pembelajaran lebih
lanjut, dan atau bisa dikumpulkan melalui lembar jawaban mahasiswa.
|
|||||
Kriteria Penilaian:
|
kemampuan
dalam memahami maksud soal
proses
penyelesaian dari setiap masalah dengan baik dan benar
pengumpulan
hasil tugas tepat waktu
|
||||
8. RUBRIK PENILAIAN
Jenjang/Grade
|
Angka/Skor
|
Deskripsi/Indikator
Kerja
|
E
|
<39,99
|
Merupakan perolehan
mahasiswa yang tidak melaksanakan tugas dan sama sekali tidak memahami
materi.
|
D
|
40-54,99
|
Merupakan perolehan
mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dan mengerjakan tugas seadanya, tidak
memiliki kemauan dan tanggung jawab untuk memahami materi.
|
C
|
55 - 69,99
|
Merupakan perolehan
mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan cukup baik, berusaha memahami
materi namun kurang persisten sehingga baru mampu menyeleseaikan sebagian
dari masalah / tugas dengan akurasi
yang kurang.
|
B
|
70-84,99
|
Merupakan perolehan mahasiswa
yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu
menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi bagus.
|
A
|
85-100
|
Merupakan perolehan
mahasiswa superior, yaitu mereka yang mengikuti perkuliahan dengan sangat
baik, memahami materi dengan sangat baik bahkan tertantang untuk memahami
lebih jauh, memiliki tingkat proaktif dan kreatifitas tinggi dalam mencari
informasi terkait materi, mampu menyelesaikan masalah dengan akurasi sempurna
bahkan mampu mengenali masalah nyata pada masyarakat / industri dan mampu
mengusulkan konsep solusinya.
|
9.
PENUTUP
Rencana Pembelajaran Semester (RPS) ini berlaku mulai bulan
September 2016, untuk mahasiswa Universitas Tribuana Kalabahi Tahun Akademik
2016 / 2017 dan seterusnya. RPS ini
dievaluasi secara berkala setiap semester dan akan dilakukan perbaikan jika
dalam penerapannya masih diperlukan penyempurnaan.
10.
STATUS DOKUMEN
Proses
|
Penanggung
Jawab
|
Tanggal
|
|
Nama
|
Tanda Tangan
|
||
1. Perumusan
|
Melki I.
Puling Tang, S.Si
Dosen
Penyusun/Pengampu
|
||
2. Pemeriksaan
dan Persetujuan
|
Semuel
M. Heo,S.Kom, M.Kom
Ketua
Prodi Teknik Informatika
|
||
…………………
Kepala
UPT-MPK
|
|||
3. Penetapan
|
..........................................
Rektor
/ Wakil Rektor
|
PERANGKAT PEMBELAJARAN SEMESTER GANJIL
MATA KULIAH KALKULUS I
PENGASUH MK : MELKI I. PULING TANG, S.Si
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS TRIBUANA
KALABAHI
ALOR
2016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar