Jumat, 27 Januari 2017

SAP KALKULUS 1



MATA KULIAH KALKULUS 1 (2 SKS)
PRODI TEKNIK INFORMATIKA - F.MIPA
UNIVERSITAS TRIBUANA KALABAHI



TINJAUAN MATA KULIAH
1.  Deskripsi Mata Kuliah
 1.1. Arti Penting:
1. Alat
2. Bahasa matematika
 1.2. Materi Kuliah:
1.   Fungsi Real
  2.  Turunan  dan  Penerapannya
         3.   Integral  dan Penerapannya
        4.   Fungsi Transenden
        5.   Teknik Pengintegralan  dan Integral Tak Wajar
   1.2.1. Logika Kalimat:
1. Dasar-dasar Kalkulus
2. Teorema-teorema yang dinyatakan dengan berbagai ungkapan.
   1.2.2. Metode Pembuktian:
Pembuktian Teorema-teorema limit dan kekontinuan, dll yang ada kaitannya dalam bidang kalkulus
2. Manfaat Mata Kuliah
1. Dasar bagi mahasiswa untuk berfikir logis dan terstruktur
2. Mampu berkomunikasi dengan baik,
3. Mampu beradaptasi secara cepat
3. Tujuan Pembelajaran
1. Memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk mampu berfikir logis yang kuat sehingga mampu menyelesaikan permasalahan di bidang matematika, maupun di bidang lain
2. Memberikan daya nalar yang tajam, sehingga mudah beradaptasi dan dapat mengembangkan diri dengan baik
3. Memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk mampu menggunakan grafik sebagai pendekatan penyelesaian yang kompleks, penggunaan kalkulus diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalahan.














SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
MATA KULIAH KALKULUS 1  (S1 - MATEMATIKA)
 KODE / SKS  :    /2 SKS


Minggu Ke
Pokok Bahasan dan TIU
Sub-pokok Bahasan dan Sasaran Belajar
1
1.  FUNGSI REAL
1.1 Pendahuluan
Sistem bilangan real
Aksioma Lapangan
Sifat-sifat Nilai Mutlak
Sistem Kordinat Persegi panjang                           ( Restangular Cordinate)
Garis Lurus
Grafik Persamaan
2


 Fungsi dan grafiknya
 Fungsi Trigonometri
 Pendahuluan  limit
3


 Teorema limit
  Limit melibatkan  Fungsi Trigonometri
  Kekontinuan fungsi
4
Tugas ke-1: Pertemuan minggu ke-1    sd minggu ke-3
. Limit Tak berhingga dan limit di tak hingga
5
TURUNAN  DAN PENERAPANNYA

Tugas ke-2: Pertemuan minggu ke- 4 sd  minggu ke-5
2.1. Turunan
2.2. Aturan Pencarian Turunan
2.3. Aturan Sinus dan Cosinus
2.4. Aturan Rantai
2.5. Notasi Leibiniz
6


2.6. Turunan Tingkat tinggi
2.7. Laju yang berkaitan
2.8. Diferensial dan hampiran
2.9. Maksimum dan Minimum
7
Tes  Kecil 1
Tugas ke-3: Pertemuan minggu ke-6 sd minggu ke-7
Pertemuan 1-6
Tugas: materi pertemuan ke-6 dan ke-7
8
Tes Tengah Semester (TTS)
Materi Pertemuan 1-6
9
INTEGRAL  DAN PENERAPANNYA


3.1. Anti Turunan (integral tak tentu)
3.2. integral tentu
3.3. Teorema Dasar Kalkulus 1
10



Tugas ke-4: Pertemuan ke-9 dan ke-10
3.4. Luas daerah dengan integral
3.5. Volume Benda Putar dengan integral
3.6. Fungsi Invers
  3.7. Fungsi logaritma natural dan eksponen  natural
3.8. Fungsi eksponen dan logarima umum
11


3.9    Fungsi Invers trigonometri
3.10. Fungsi berpangkat tiga
12
4.  FUNGSI TRANSENDEN
Tugas ke 5: Pertemuan ke-11 dan ke-12
4.1. Fungsi logaritma Asli
4.2. Fungsi-fungsi Balikan dan turunannya
4.3. Pertumbuhan dan Peluruhan Eksponen
4.4. Persamaan Diferensial Linear Orde Satu
4.5. Fungsi-fungsi Balikan dan Trigonometri
4.6. Fungsi-fungsi Hiperbola dan balikannya.
13
5.  TEKNIK PENGINTEGRALAN  DAN INTEGRAL TAK WAJAR
5.1. Integral parsial
5.2  Integral fungsi trigonometri
5.3  Integral dengan subtitusi trigonometri
5.4  Integral dengan subtitusi bentuk akar
5.5  Integral fungsi rasional
14
Tugas ke-6: Makalah kelompok
      (pertemuan ke 13 dan ke-14)


 5.6. Integral tak wajar dengan batas atas atau   bawah tak hingga
 5.7. Integral tak wajar dengan integran diskontinu pada daerah pengintegralan
15
Tes kecil 2
Materi Pertemuan ke-9 sd ke 13
16
Tes Akhir Semester (TAS)
Materi Pertemuan ke-9 sd ke-13



RENCANA PROGRAM SEMESTER (RPS)

1.    IDENTITAS  MATA KULIAH


Nama  Mata Kuliah
:
Kalkulus  1
Program  Studi
:
Teknik Informatika
Kode   Mata Kuliah
:

SKS
:
2 (dua)
Semester
:
1 (satu)
Tahun  Pelajaran
:
2016/2017

2.    DESKRIPSI  SINGKAT MATA  KULIAH

Mata kuliah Kalkulus 1 ditujukan untuk memberikan pengetahuan terkait dasar - dasar kalkulus yang diperlukan dalam tingkat sarjana program studi Teknik Informatika . Materi yang diberikan terbagi menjadi 5 pokok bahasan yaitu (1) Fungsi real (sistem bilangan real, fungsi, limit dan kekontinuan), (2) turunan dan penerapannya, (3) integral dan penerapannya, (4) fungsi transenden, (5) teknik pengintegralan dan integral tak wajar. Dengan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep turunan dan integral fungsi satu variabel dan penerapannya dalam masalah terkait bidang informatika dan ilmu komputasi.

3.    DAFTAR PUSTAKA

D. Mursita. Matematika untuk Perguruan Tinggi. Rekayasa Sains. 2011.
D. Valberg, E. Purcell, S. Rigdon. Calculus, 9th Edition. Pearson. 2006.
J. Stewart. Calculus, 7th Edition. Brooks Cole. 2012.

4.    KOMPONEN PENILAIAN

Proses penilaian pada mata kuliah ini dibedakan dalam 4 komponen, diantaranya adalah sebagai berikut :
a.      Kehadiran dan Pengamatan
Komponen ini memiliki poin sebesar 10% dari total pertemuan tatap muka di kelas (14). Kehadiran merupakan salah satu komponen penunjang dalam melakukan proses penilaian karena setiap pertemuan akan membahas berbagai macam model persoalan yang akan didiskusikan bersama. Setiap persoalan yang dilontarkan menuntut adanya peran aktif mahasiswa untuk dapat mengemukakan pendapat mereka dengan baik. Keaktifan mahasiswa akan dijadikan nilai tambah secara objektif untuk penilaian akhir. Pengamatan terhadap respon mahasiswa berkaitan dengan karakter mahasiswa juga merupakan bagian dalam penilaian.
b.      Tugas
Selama 1 semester, mahasiswa akan diberikan 6x tugas yang terdiri dari 5x tugas mandiri dan 1x tugas kelompok. Tugas ini diberikan sebanyak  3x sebelum TTS dan  3x setelah TTS. Komponen keseluruhan tugas memiliki poin sebesar 15%.
c.       TK (Tes Kecil)
Tes Kecil dilakukan sebanyak 2x sebelum Tes Tengah semester dan sebelum Tes Akhir Semester  dengan bobot poin  10 %.
d.      TTS ( Tes Tengah Semester)
TTS dilakukan pada pertemuan ke 8 dari keseluruhan total pertemuan melalui ujian tertulis, praktek atau mini project yang akan dipresentasikan. Materi yang diujikan adalah materi pertemuan 1 sampai dengan 6, dengan bobot yang diberikan sebesar 25 %.
e.       TAS (Tes Akhir Semester)
TAS dilakukan pada pertemuan ke 16 dari keseluruhan total pertemuan melalui ujian tertulis, praktek atau mini project yang akan dipresentasikan. Materi yang diujikan adalah materi setelah TTS yaitu materi pada pertemuan 9 sampai dengan 14, dengan bobot yang diberikan sebesar 40%.

Catatan :
-       Tidak berlaku ujian susulan baik TTS maupun TAS kecuali kepada mahasiswa yang diberikan izin khusus seperti sakit (disertai dengan surat dokter dan surat dari orang tua/wali), atau terlibat dalam kegiatan akademik di luar kampus (disertai dengan surat izin yang ditanda tangani oleh KAPRODI)
-       Tidak berlaku perbaikan nilai Tugas, TTS maupun TAS kecuali diikuti oleh seluruh peserta mata kuliah


 

5.     KRITERIA PENILAIAN

Penilaian dilakukan berdasarkan semua komponen nilai yang ada. Nilai akhir yang diperoleh mahasiswa merupakan rata-rata dari perolehan tiap komponen dengan melibatkan bobot masing-masing. Nilai akhir merupakan gambaran kemampuan dan kualitas mahasiswa terhadap ilmu yang sudah diperoleh selama 1 semester. Nilai akhir akan dikonversi ke dalam bentuk angka dan huruf dengan rincian sebagai berikut :

E
Merupakan perolehan mahasiswa yang tidak mengikuti tugas, TTS, TAS dan kehadiran 39,99%
D
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dan mengerjakan tugas seadanya, tidak memiliki kemauan dan tanggung jawab untuk memahami materi.
C
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan cukup baik, berusaha memahami materi namun kurang konssisten sehingga baru mampu menyeleseaikan sebagian dari masalah / tugas  dengan akurasi yang kurang.
B
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi bagus.
A
Merupakan perolehan mahasiswa superior, yaitu mereka yang mengikuti perkuliahan dengan sangat baik, memahami materi dengan sangat baik bahkan tertantang untuk memahami lebih jauh, memiliki tingkat proaktif dan kreatifitas tinggi dalam mencari informasi terkait materi, mampu menyelesaikan masalah dengan akurasi sempurna bahkan mampu mengenali masalah nyata pada masyarakat / industri dan mampu mengusulkan konsep solusinya.


6.     RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)


Minggu ke-
Kemampuan Akhir yang Diharapkan
Bahan Kajian
(Materi Ajar)
Strategi Pembelajaran
Kriteria Penilaian (Indikator)
Bobot Nilai
1 sd 16
Kehadiran / Pengamatan (Pertemuan 1-16)
10%
4,5 & 7
Tugas 1 (Waktu: minggu ke - 4): materi minggu ke 1-3 ; Tugas ke-2: materi minggu ke 4 & 5 (waktu: mingg ke-5) ;  tugas ke-3:  materi minggu ke 6 dan 7                                  (waktu: minggu ke -7)
7,5%
4
Tes Kecil ke-1
(Materi Pertemuan 1 sd 4, setelah pembahasan materi pertemuan ke 4)
5%
1
Memahami sistem bilangan real.


Mampu menyelesaikan pertaksamaan bilangan real.
Mampu menyelesaikan pertaksamaan bilangan real dengan tanda mutlak.
Sistem bilangan real.


Pertaksamaan bilangan real.

Pertaksamaan bilangan real dengan tanda mutlak.





Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
Mahasiswa dapat:
menjelaskan pengertian himpunan bilangan real;
menyelesaikan pertaksamaan bilangan real;
menyelesaikan pertaksamaan bilangan real dengan tanda mutlak.

2
Mampu menentukan daerah asal (domain) dan dareah nilai / hasil (range) dari suatu fungsi.
Mampu menggambar grafik fungsi linier dan fungsi kuadrat.
Mampu membedakan fungsi genap dan fungsi ganjil.

Dapat memakai teknik pergeseran untuk menggambar fungsi sederhana.


Dapat menentukan komposisi dua fungsi atau lebih.
Daerah asal (domain) dan daerah nilai (range).


Grafik fungsi sederhana (fungsi linier dan fungsi kuadrat).

Fungsi genap dan fungsi ganjil.


Fungsi trigonometri.
Menggambar fungsi-fungsi sederhana dengan teknik pergeseran.

Fungsi komposisi.

Daerah asal dan daerah nilai fungsi komposisi.


Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
Menentukan daerah asal dan daerah nilai/hasil suatu fungsi;


Menggambar grafik fungsi linier dan fungsi kuadrat;

Membedakan antara fungsi genap, fungsi ganjil dan bukan keduanya;
Menggambar grafik fungsi dengan teknik pergeseran;


Menentukan hasil komposisi dua fungsi atau lebih;
Menentukan daerah asal dan daerah nilai / hasil fungsi komposisi.

3
Dapat menentukan limit fungsi di satu titik.

Dapat menghitung nilai limit menggunakan sifat-sifat limit.
Mampu menghitung nilai limit fungsi trigonometri.
Mampu memakai teorema apit untuk menentukan nilai limit suatu fungsi.
Dapat memeriksa kekontinuan fungsi di satu titik.
Dapat menentukan interval kekontinuan
Konsep limit.
Limit sepihak: limit kiri dan limit kanan.

Sifat-sifat limit dan teorema apit.

Limit fungsi trigonometri.


Kekontinuan di suatu titik.


Kekontinuan pada interval.
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
menentukan limit kiri dan limit kanan suatu fungsi

menghitung nilai limit menggunakan sifat-sifat limit,
menghitung nilai limit fungsi trigonometri;
menentukan nilai limit suatu fungsi dengan menggunakan teorema apit
menentukan kekontinuan suatu fungsi di satu titik.
menentukan interval kekontinuan;

4
Dapat menghitung nilai limit tak hingga;
Dapat menghitung limit di tak hingga
Limit tak hingga dan limit di tak hingga.
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
menghitung nilai  limit tak hingga
menghitung nilai limit di tak hingga;

8
TTS :Materi pertemuan minggu ke- 1 sd  minggu  ke-6
(waktu pelaksanaan minggu ke-8)
25 %
5
Dapat menjelaskan hubungan keterdiferensialan dan kekontinuan.


Dapat menentukan turunan dari jumlah fungsi, hasil kali fungsi, dan hasil bagi fungsi.
Dapat menentukan turunan fungsi trigonometri.
Dapat menentukan turunan fungsi komposisi.

Dapat mencari turunan ke dua dari suatu fungsi.
Keterdiferensialan dan kekontinuan.




Aturan pencarian turunan.



Turunan fungsi trigonometri.

Aturan rantai.


Turunan tingkat tinggi.
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
Mahasiswa dapat
menjelaskan keterkaitan antara keterdiferensialan dan kekontinuan suatu fungsi.
menentukan turunan dari jumlah fungsi, hasil kali fungsi, dan hasil bagi fungsi.
menentukan turunan fungsi trigonometri sederhana.
menentukan turunan fungsi komposisi sederhana.
menentukan turunan ke dua fungsi sederhana.

6
Dapat menghitung turunan fungsi implisit.

Dapat menentukan persamaan garis singgung dan garis normal suatu fungsi di satu titik.
Turunan fungsi implisit.


Garis singgung dan garis normal fungsi.
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
Menentukan turunan suatu fungsi implisit;

Menentukan persamaan garis singgung dan garis normal suatu fungsi di satu titik;

7
Dapat menentukan selang kemonotonan dan nilai  ekstrim suatu fungsi




Dapat menentukan selang kecekungan dan titik belok fungsi




Dapat menentukan asymtot suatu fungsi

Mampu menggambar fungsi lanjut dengan bantuan turunan fungsi.


Dapat menghitung limit dari fungsi bentuk
Selang kemonotoan fungsi






Masalah maksimum dan minimum.






Teknik menggambar fungsi lanjut dengan turunan.




Limit dari fungsi bentuk .
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ response dan kuis.
Menentukan selang kemonotonan suatu fungsi
menentukan nilai ekstrem suatu fungsi: nilai maksimum dan nilai minimum;

menentukan selang kecekungan fungsi
menentukan titik belok suatu fungsi

mementukan asymtot suatu fungsi

menggambar fungsi lanjut dengan selang kemonotonan, selang kecekungan, asymtot, titik belok, dan titik ekstrem;
menghitung limit fungsi bentuk

9
Memahami integral sebagai anti turunan.
Memahami integral tentu dari fungsi pada suatu selang dengan limit jumlah Riemann.
Dapat menghitung integral tentu dengan teorema dasar kalkulus 1.
Dapat menghitung turunan fungsi dalam notasi integral


Integral tak tentu.
Integral tentu.
Teorema dasar kalkulus 1.




Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
Mahasiswa dapat
menghitung integral tak tentu dari suatu fungsi dengan konsep anti turunan.
menghitung integral tentu dengan teorema dasar kalkulus I
menghitung turunan fungsi dalam notasi integral

10
Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah.
Menggunakan integral untuk menghitung volume benda putar dengan menggunakan metode vakram dan metode kulit tabung
Luas daerah dengan integral.



Volume benda putar dengan integral.
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
menghitung luas dengan integral;



menghitung volume benda putar bila daerah diputar mengelilingi salib sumbu dengan metode cakram ;
menghitung volume benda putar bila daerah diputar mengelilingi salib sumbu dengan metode kulit tabung ;
menghitung volume benda putar  bila daerah diputar mengelilingi garis sejajar salib sumbu;

10
Mampu menentukan invers suatu fungsi

Mampu menentukan turunan dan integral untuk fungsi eksponen dan logaritma natural.
Mampu menentukan turunan dan integral untuk fungsi eksponen dan logaritma umum.
Fungsi invers.
Fungsi logaritma natural dan eksponen natural.




Fungsi eksponen dan logaritma umum.
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
Mahasiswa dapat
menentukan invers suatu fungsi.

menentukan turunan dan integral untuk fungsi eksponen dan logaritma natural

menentukan turunan dan integral untuk fungsi eksponen dan logaritma umum

11
Mampu menentukan invers fungsi trigonometri;
Mampu menentukan turunan fungsi invers trigonometri;

Mampu mendapatkan turunan fungsi berpangkat fungsi




Fungsi invers trigonometri.



Fungsi berpangkat fungsi
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
Mencari  invers fungsi trigonometri;

Mencari  turunan fungsi invers trigonometri;

Mencari turunan fungsi berpangkat fungsi

10, 12, & 14
Tugas 4: materi minggu ke 9 & 10 (waktu: Minggu ke-10), Tugas ke-5: materi minggu ke 11 & 12 (minggu ke-12) dan 6 dan
tugas ke-14 :materi minggu ke 13 & 14)
7,5 %
15
Tes Keci 2 : Materi minggu ke 9-14(waktu pelaksanaan: minggu ke-15)
5%
16
TAS : Materi pertemuan ke 9-14 (waktu pelaksanaan minggu ke-16)
40%
12
Mampu menghitung integral dengan metode integral parsial.
Mampu menghitung integral fungsi trigonometri.
Mampu menghitung integral dengan subsitusi trigonometri.
Integral parsial.



Integral fungsi trigonometri.

Integral dengan substitusi trigonometri.
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
Mahasiswa dapat
menghitung integral dengan metode integral parsial.
menghitung integral fungsi trigonometri.

menghitung integral dengan subsitusi trigonometri.

13
Mampu menghitung integral dengan subsitusi bentuk akar.
Mampu menghitung integral fungsi rasional.
Integral dengan subsitusi bentuk akar.

Integral fungsi rasional.
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ responsi.
menghitung integral dengan subsitusi bentuk akar.
menghitung integral fungsi rasional.

14
Menghitung integral tak wajar dengan batas atas atau bawah  tak hingga.
Menghitung integral tak wajar dengan integran diskontinu pada daerah pengintegralan.
Integral tak wajar dengan batas atas  atau bawah tak hingga.

Integral tak wajar dengan integran diskontinu pada daerah pengintegralan.
Ceramah dan diskusi melalui kuliah/ response dan kuis.
menghitung integral tak wajar dengan batas atas atau bawah tak hingga.
Menghitung integral tak wajar dengan integran diskontinu pada daerah pengintegralan.

 





7.    Deskripsi Tugas

Mata Kuliah
Kalkulus 1
Kode MK
:
Minggu ke
: 4 , 5 dan  7
Tugas ke
: 1 ,2 dan 3
Tujuan Tugas:
Mahasiswa mampu memahami konsep Kalkulus I secara umum, mulai dari pertaksamaan bilangan real dengan tanda mutlak.
Mahasiswa dapat menyelesaikan menentukan daerah asal (domain) dan dareah nilai / hasil (range) dari suatu fungsi, menggambar grafik fungsi linier dan fungsi kuadrat, Mampu membedakan fungsi genap dan fungsi ganjil, dapat memakai teknik pergeseran untuk menggambar fungsi sederhana, dapat menentukan komposisi dua fungsi atau lebih.
 Dapat menentukan limit fungsi di satu titik;dapat menghitung nilai limit menggunakan sifat-sifat limit; mampu menghitung nilai limit fungsi trigonometri;mampu memakai teorema apit untuk menentukan nilai limit suatu fungsi;dapat memeriksa kekontinuan fungsi di satu titik;dapat menentukan interval kekontinuan.
Uraian Tugas:
Obyek
minggu ke 4 : memahami konsep Kalkulus I secara umum
mingguke 5 : menyelesaikan limit fungsi trigonometri, interval kekontinuan
Minggu ke 7: Dapat menghitung nilai limit tak hingga; Dapat menghitung limit di tak hingga ; turunan fungsi implisit; Dapat menentukan persamaan garis singgung dan garis normal suatu fungsi di satu titik; Dapat menentukan selang kemonotonan dan nilai  ekstrim suatu fungsi; selang kecekungan dan titik belok fungsi ; asymtot suatu fungsi;mampu menggambar fungsi lanjut dengan bantuan turunan fungsi;Dapat menghitung limit dari fungsi bentuk

Yang Harus Dikerjakan dan Batasan - batasan
Semua arahan tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah

Metode/Cara Kerja/Acuan yang Digunakan
Metode yang digunakan untuk menyelesaikan setiap permasalahan adalah berdasarkan arahan yang diberikan oleh dosen disetiap pertemuan. Disamping itu, mahasiswa diperbolehkan untuk mengeksplor lebih jauh melalui internet mengenai cara penyelesaian lewat beberapa contoh studi kasus.

Dekripsi Luaran Tugas yang Dihasilkan
Setiap tugas akan dibahas pada minggu berikutnya di kelas. Hasil tugas dikirimkan ke alamat email dosen dan dicatat pada log book sebagai bahan pembelajaran lebih lanjut, dan atau bisa dikumpulkan melalui lembar jawaban mahasiswa.
Kriteria Penilaian:
kemampuan dalam memahami maksud soal
proses penyelesaian dari setiap masalah dengan baik dan benar
pengumpulan hasil tugas tepat waktu

Mata Kuliah

: Kalkulus I

Kode MK

:
Minggu ke
: 10,12  dan 14
Tugas ke
: 4,5, dan 6
Tujuan Tugas:
Mampu menentukan : invers suatu fungsi , turunan dan integral untuk fungsi eksponen dan logaritma natural, turunan dan integral untuk fungsi eksponen dan logaritma
Mampu menentukan invers fungsi trigonometri,turunan fungsi invers trigonometri,dan mampu mendapatkan turunan fungsi berpangkat fungsi .
Mampu menghitung integral dengan metode integral parsial, integral fungsi trigonometri, dan integral dengan subsitusi trigonometri.
Mampu menghitung integral dengan subsitusi bentuk akar, dan  menghitung integral fungsi rasional.
Menghitung integral tak wajar dengan batas atas atau bawah  tak hingga, dan menghitung integral tak wajar dengan integran diskontinu pada daerah pengintegralan.
Uraian Tugas:
Obyek
minggu ke 10   : menentukan invers suatu fungsi, turunan dan eksponen logaritma.
minggu ke 12 : menghitung integral parsial, integral fungsi trigonometri, dan integral dengan subsitusi trigonometri
minggu ke 14 : Menghitng integral dengan batas tak wajar dengan integran diskontin pada pengintegralan

Yang Harus Dikerjakan dan Batasan-Batasan
Semua soal yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah

Metode/Cara Kerja/Acuan yang Digunakan
Metode yang digunakan untuk menyelesaikan setiap permasalahan adalah berdasarkan arahan yang diberikan oleh dosen disetiap pertemuan. Disamping itu, mahasiswa diperbolehkan untuk mengeksplor lebih jauh melalui internet mengenai cara penyelesaian lewat beberapa contoh studi kasus.

Dekripsi Luaran Tugas yang Dihasilkan
Setiap tugas akan dibahas pada minggu berikutnya di kelas. Hasil tugas dikirimkan ke alamat email dosen dan dicatat pada log book sebagai bahan pembelajaran lebih lanjut, dan atau bisa dikumpulkan melalui lembar jawaban mahasiswa.
Kriteria Penilaian:
kemampuan dalam memahami maksud soal
proses penyelesaian dari setiap masalah dengan baik dan benar
pengumpulan hasil tugas tepat waktu






























8.      RUBRIK PENILAIAN

Jenjang/Grade
Angka/Skor
Deskripsi/Indikator Kerja
E
<39,99
Merupakan perolehan mahasiswa yang tidak melaksanakan tugas dan sama sekali tidak memahami materi.
D
40-54,99
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dan mengerjakan tugas seadanya, tidak memiliki kemauan dan tanggung jawab untuk memahami materi.
C
55 - 69,99
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan cukup baik, berusaha memahami materi namun kurang persisten sehingga baru mampu menyeleseaikan sebagian dari masalah / tugas  dengan akurasi yang kurang.
B
70-84,99
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi bagus.
A
85-100
Merupakan perolehan mahasiswa superior, yaitu mereka yang mengikuti perkuliahan dengan sangat baik, memahami materi dengan sangat baik bahkan tertantang untuk memahami lebih jauh, memiliki tingkat proaktif dan kreatifitas tinggi dalam mencari informasi terkait materi, mampu menyelesaikan masalah dengan akurasi sempurna bahkan mampu mengenali masalah nyata pada masyarakat / industri dan mampu mengusulkan konsep solusinya.


9.       PENUTUP
Rencana Pembelajaran Semester (RPS) ini berlaku mulai bulan September 2016, untuk mahasiswa Universitas Tribuana Kalabahi Tahun Akademik 2016 / 2017  dan seterusnya. RPS ini dievaluasi secara berkala setiap semester dan akan dilakukan perbaikan jika dalam penerapannya masih diperlukan penyempurnaan.


10.    STATUS DOKUMEN

Proses
Penanggung Jawab
Tanggal
Nama
Tanda Tangan
1.    Perumusan
Melki I. Puling Tang, S.Si
Dosen Penyusun/Pengampu


2.    Pemeriksaan dan Persetujuan
Semuel M. Heo,S.Kom, M.Kom
Ketua Prodi Teknik Informatika



…………………
Kepala UPT-MPK



3.    Penetapan

..........................................
Rektor / Wakil Rektor
















PERANGKAT  PEMBELAJARAN SEMESTER GANJIL
MATA KULIAH KALKULUS I





  
                                                            

     PENGASUH MK            : MELKI  I.  PULING TANG, S.Si




PROGRAM  STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS TRIBUANA KALABAHI
ALOR
2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar