Rabu, 02 November 2016

Format Penulisan Skripsi


ANALISIS PENGARUH TINGKAT KUALITAS PELAYANAN
JASA KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN
DENGAN MENGGUNAKAN REGRESI LINEAR BERGANDA PADA
PUSKESMAS TAMALABANG KECAMATAN PANTAR TIMUR
KABUPATEN ALOR



SKRIPSI


Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Sains
Bidang Ilmu Matematika Pada Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Tribuana Kalabahi















OLEH :
NAMA           :  BOBI ANDERSON KLAPING
NIM                :  4111006


FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS TRIBUANA KALABAHI
ALOR
2016

ANALISIS PENGARUH TINGKAT KUALITAS PELAYANAN
JASA KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN
DENGAN MENGGUNAKAN REGRESI LINEAR BERGANDA PADA
PUSKESMAS TAMALABANG KECAMATAN PANTAR TIMUR
KABUPATEN ALOR

SKRIPSI






OLEH
                         NAMA              : BOBI A. KLAPING
                         NIM                   : 4111006





Telah Disetujui Oleh Pembimbing Untuk Diuji


  PembimbingUtama                                                 PembimbingPendamping




Siti N. AiniSya’ban, S.Si, M.Pd                               Owan S. Malalegi, S.Si
  NIDN. 0827017501                                                  NIDN. 0812048034




Kalabahi,  April 2016
Mengetahui
DekanFakultas MIPA



Mesak A. Malailak, S.Pd, M.Pd
NIDN.0823057501
ANALISIS PENGARUH TINGKAT KUALITAS PELAYANAN
JASA KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN
DENGAN MENGGUNAKAN REGRESI LINEAR BERGANDA PADA
PUSKESMAS TAMALABANG KECAMATAN PANTAR TIMUR
KABUPATEN ALOR


SKRIPSI

OLEH :
                                NAMA         : BOBI  A. KLAPING
                                NIM             : 4111006


Telahdipertahankan di DepanDewanPengujiSkripsidan
DinyatakanDiterimaSebagai Salah SatuPersyaratanUntuk
MemperolehGelarSarjanaSains (S.Si)


Tanggal, April 2016
Susunan Dewan Penguji      Tanda Tangan


1. PengujiI                  : Mesak A. Malailak, S.Pd, M.Pd    (………………........)
                                      NIDN. 0823057501


2. Penguji II               : Siti N. AiniSya’ban, S.Si, M.Pd     (………………........)
                                      NIDN. 0827017501


3. Penguji III              : Owan S. Malalegi, S.Si                   (………………........)
                                    NIDN.


4. Penguji IV              : Abraham Tanaem,S.Pd                 (……………………)
                                      NIDN. 0819036801

Mengetahui
DekanFakultas MIPA


Mesak A. Malailak, S.Pd, M.Pd
NIDN.0823057501
UNIVERSITAS  TRIBUANA KALABAHI
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROGRAM STUDY MATEMATIKA
Jln. Soekarno Tang-EngBatunirwalaTelp. (0386) 2222882
IZIN MENDIKNAS No. 120/D/O/2007, TANGGAL 1 AGUSTUS 2007
 

BERITA ACARA UJIAN SKRIPSI
No : ……./ E.17 / FMIPA-Mat/V / 2016

Pada hari ini :………………., tanggal: ……………………   , bulan : …………tahun : Dua Ribu Enam Belas pukul:………….sampai dengan………… WITA,
bertempat di ruang..........telah dilaksanakan Ujian Skripsi bagi mahasiswa Fakultas MIPA, Program Studi Matematika Universitas Tribuana Kalabahi dengan identitas sebagai berikut:         
Nama                     : .Bobi Anderson Klaping..................................
NIM                      : ..4111006...................................................
Program Studi       : ..Matematika...................................................
JudulSkripsi       : Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien dengan Menggunakan Regresi Linear Berganda Pada Puskesmas Tamalabang Kecamatan Pantar Timur Kabupaten Alor
1.      Penguji I    : Mesak A. Malailak, S.Pd, M,Pd       (...........................................)
2.      Penguji II  : Siti N. AiniSya’ban, S.Si, M.Pd       (...........................................)
3.      Penguji III : Owan S. Malalegi, S.Si                     (...........................................)
4.      Penguji IV: Abraham Tanaem, S.Pd                     (…………………………...)

DenganYudicium dinyatakan : .......................... dengan nilai mutlak .................
Nilai Mutu/Aksara ..................
Demikian Berita Acara ini dibuat.

Mengetahui                                                     Kalabahi, …………………..
Dekan FMIPA                                                Ketua Program Studi,

Mesak A. Malailak, S.Pd, M.Pd                     Abraham Tanaem, S.Pd
NIDN.  0823057501                                       NIDN. 0819036801

SURAT PERNYATAAN BEBAS PLAGIARISME

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

N a m a                          : Bobi Anderson Klaping
NIM                               : 4111006
Program Studi               : Matematika

Menyatakan bahwa skripsi ini adalah hasil karya saya sendiri yang telah saya tulis dengan sungguh-sungguh dan tidak ada bagian yang merupakan penjiplakan karya orang lain, kecuali beberapa kutipan dan ringkasan yang masing-masing telah disebutkan sumbernya.
Apabila di kemudian hari terbukti bahwa pernyataan ini tidak benar maka saya sanggup menerima hukuman/sanksi apapun sesuai peraturan yang berlaku.


                                                                        Kalabahi, 15 Oktober 2012
                                                                        Yang Membuat Pernyataan
                                                                                               
                                                                                   
                                                                       
Bobi Anderson Klaping
                                                                        NIM. 4111006                                               











MOTTO



Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu
TUHAN membuat segala sesuatu untuk tujuannya masing-masing (Amsal 16 : 3 -4a)
Tuhan Gembalaku yang baik
Tuhan gembalaku, takkan kekurangan aku  (Mazmur 23 :1)























PERSEMBAHAN


Persembahan Terindah Untuk :
Bapak dan mama tercinta,
Kak Yanti, Adik Henry, Adik Eki, Adik Meli,Adik Carlos dan adikku Siska,
serta semua Teman-Teman Matematika
Yang selalu memberi kepercayaan, kesempatan, dukungan,
doa serta cinta.


Hadiah terindah yang Tuhan berikan buat saya adalah keluarga ini.





















BIODATA PENULIS

Nama Lengkap                                                : Bobi Anderson Klaping
Alamat                                                                        : Bungawaru - Kalabahi
Tempat dan Tanggal Lahir                              : Abangiwang, 29 Junii 1989
Jenis Kelamin                                                  : Laki-laki
Agama                                                             : Kristen Protestan
Status Dalam Keluarga                                   : AnakKandung
AnakKe                                                           : 2 (Dua)
Nama Orang Tua
a.       Ayah                                                   : Kristian Klaping
b.      Ibu                                                       : Belandina Puling
Pekerjaan Orang Tua
a.       Ayah                                                   : Petani
b.      Ibu                                                       : Petani
RiwayatPendidikan
a.       Sekolah Dasar (SD)                            : SD GMIT Abangiwang
b.      Sekolah Menengah Pertama (SMP)    : SMP  Negeri 03 Pantar
c.       SekolahMenengahAtas                       : SMA Negeri Tamalabang
d.      Perguruan Tinggi                                 : Universitas Tribuana Kalabahi




ABSTRAK


Bobi A. Klaping. 0113003. Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Dengan menggunakan Regresi Linear Berganda Pada Puskesmas Tamalabang Kecamatan Pantar Timur Kabupaten Alor. Penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat Indonesia jenjang tingkat dasar adalah melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Puskesmas merupakan unit organisasi fungsional Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kotamadya, diberi tanggung jawab sebagai pengelola kesehatan bagi masyarakat tiap wilayah kecamatan dari kabupaten/ kotamadya bersangkutan. Tujuan pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal melalui terciptanya masyarakat Bangsa dan Negara yang hidup dalam lingkungan sehat dan dengan prilaku hidup yang sehat, serta memiliki kemampuan untuk menjangkau layanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas secara adil dan merata sesuai dengan kebijaksanaan umum dan strategi pembangunan kesehatan. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah :Untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan yang ditinjau dari variabel bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan perhatian terhadap kepuasan pasien Puskesmas Tamalabang, untuk mengetahui dari variabel bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan perhatian, variabel manakah yang paling berpengaruh dominan terhadap kepuasan pasien Puskesmas Tamalabang, dan untuk mengetahui penerapan pengaruh tingkat kualitas pelayanan jasa kesehatan terhadap kepuasan pasien di puskesmas tamalabang dengan menggunakan model analisis regresi linear berganda. Menurut Rangkuti (2003 : 28) “Kualitas jasa (service quality) adalah penyampaian jasa yang akan melebihi tingkat kepentingan pelanggan”. Pengertian tersebut menekankan pada kelebihan dari tingkat kepentingan konsumen sebagai inti dasar dari kualitas jasa. Sedangkan kualitas pelayanan (Service Quality) seperti yang Parasuraman, et, al, dikatakan dan dikutip oleh Lupiyoadi (2001:148) dapat didefinisikan yaitu: “Seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan konsumen antara layanan yang mereka terima atau peroleh”. Jadi kualitas layanan adalah cara melayani, membantu menyiapkan, mengurus, menyelesaikan keperluan, kebutuhan seseorang atau sekelompok orang. Artinya objek yang dilayani adalah masyarakat yang berdiri dari individu, golongan dan organisasi (sekelompok organisasi). Metodelogi Penelitian, Populasi : 847orang dan sampel: 81 orang





KATA PENGANTAR


            Segala puji syukur senantiasa penyusun panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang selalu melimpahkan segala karunia-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan Proposal yang berjudul “Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Tamalabang Kecamatan Pantar Timur Kabupaten Alor ” disusun dalam rangka menyelesaikan strata1 ( S1 ) Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tribuana Kalabahi. Atas terselesaikannya Proposal ini, penyusun mengucapkan banyak terima kasih kepada :
         1.         Fredrik Abia Kande, S.Pd,M.Pd, selaku Rektor Universitas Tribuana Kalabahi.
         2.         Mesak A. Malailak, S.Pd,M.Pd, selaku Dekan Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tribuana Kalabahi.
         3.         Abraham Tanaem, S.Pd, selaku Ketua Program Studi Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tribuana Kalabahi.
         4.         Siti N. Aini Syaban, S.Si,M.Pd, selaku Pembimbing Utama yang senantiasa memberikan bimbingan dan saran hingga terselesaikannya Proposal ini.
         5.         Owan S. Malalegi, S.Si, selaku Pembimbing Pembantu yang selalu memberikan bimbingan dan nasihat yang dapat penyusun jadikan pegangan hidup.
         6.         Kedua orang tua tercinta, yang telah meluangkan waktu dan tiada hentinya mengingatkan dan mendoakan sehingga penulis dapat menyelesaikan Proposal ini.
         7.         Teman-teman mahasiswa Fakultas Matematika Universitas Tribuana Kalabahi angkatan 2016 terima kasih atas kerja samanya selama ini.
8.  Semua pihak yang telah banyak membantu penyusunan Proposal ini. Penyusun berdoa semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan rahmat dan berkat-Nya serta membalas amal baik mereka.
            Akhirnya, penyusun berharap semoga Proposal ini bermanfaat, khususnya bagi pengembangan ilmu pengatahuan. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa tugas Proposal ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saran dari pembaca senantiasa penyusun harapkan untuk perbaikan pada kesempatan penulisan mendatang.


                                                                                   Kalabahi,    Agustus 2012

Penyusun
















DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.........................................................................................   i
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING............................................... ii     HALAMAN PENGESAHAN DEWAN PENGUJI...........................................................................................   iii
BERTIA ACARA UJIAN SKRIPSI.................................................................   iv
SURAT PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT..................................................   v
HALAMAN MOTTO........................................................................................   vi
HALAMAN PERSEMBAHAN........................................................................   vii
BIODATA PENULIS ....................................................................................... viii
HALAMAN ABSTRAK...................................................................................   ix
KATA PENGATAR..........................................................................................   x
DAFTAR ISI......................................................................................................   xii
DAFTAR TABEL.............................................................................................. xiv
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... xv
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... xvi
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................   1
A.      Latar Belakang Masalah.....................................................................   1
B.       Identifikasi Masalah...........................................................................   4
C.       Batasan Masalah.................................................................................   5
D.      Rumusan Masalah...............................................................................   5
E.       Tujuan Penelitian................................................................................   5
F.        Manfaat Penelitian..............................................................................   6
BAB II LANDASAN TEORI...........................................................................   7
A.      Tinjauan Pustaka.................................................................................   7
B.       Penelitian Yang Relevan....................................................................   16
C.       Hipotesis Penelitian............................................................................   21
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.........................................................   22
A.      Tempat Dan Jadwal Penelitian...........................................................   22
B.       Populasi Dan Sampel..........................................................................   23
C.       Metode Dasar.....................................................................................   24
D.      Teknik Pengumpulan Data.................................................................   25
E.       Metode Analisis Data.........................................................................   26
F.        Rincian Biaya Penelitian.....................................................................   28

BAB IV PENGELOLAHAN DAN ANALISIS DATA..................................   29
A.    Pengelolahan Data..................................................................................   29
B.     Analisis Data...........................................................................................   33
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN...........................................................   41
A.    Kesimpulan.............................................................................................   41
B.     Saran.......................................................................................................   41
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN



DAFTAR TABEL


Tabel 1.1 Jadwal Penelitian.................................................................................   22
Tabel 1.2 Karakteristi Responden Menurut Umur..............................................   29
Tabel 1.3 Karakteristi Responden Menurut Pendidikan.....................................   31
Tabel 1.4 Karakteristi Responden Menurut Lama Usaha...................................   32
Tabel 1.5 Pendapatan dan Ayam yang terjual....................................................   34
Tabel 1.6 Penolong Untuk Regresi Linear..........................................................   36


















DAFTAR GAMBAR


Gambar 1.a Grafik Lingkaran Menurut Umur....................................................   30
Gambar 1.b Grafik Lingkaran Menurut Tingkat Pendidikan..............................   31
Gambar 1.c Grafik Lingkaran Lama Usaha........................................................   32
Gambar 1.d Kurva Uji t Statistik Variabel Ayam Yang Terjual.........................   40






















DAFTAR LAMPIRAN


Lampiran 1 Pedoman Observasi
Lampiran 2Pedoman wawancara
Lampiran 3 Daftar Pertanyaan
Lampiran 4 Rekomendasi Penelitian
Lampiran 5 Surat Keterangan Telah Melaksanakan Penelitian
Lampiran 6 Tabel Distribusi t






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar