Senin, 26 September 2016

contoh kusioner untuk penelitihan s1 pada fkip agama kristen



Bacalah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan berilah tanda silang (x) pada, huruf A,B,C dan D. Pada tiap-tiap nomor pertanyaan tersebut yang tepat sesuai dengan pemahaman anda.
  1. Apakah anda selalu bertanya kepada teman-teman anda tentang pelajaran PAK?
       a. Sangat setuju   b. Setuju   d. kurang setuju  c. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
  2. Apakah anda senang ketika guru menerangkan mata pelajaran PAK secara detail?
       a. Sangat setuju   b. Setuju   d. kurang setuju  c. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
  3. Apakah anda merasa senang ketika guru mengajar mata pelajaran PAK dan memberikan tugas untuk anda kerjakan?
             a. Sangat setuju   b. Setuju   d. kurang setuju  c. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
  4. Apakah dengan mempelajari mata pelajaran PAK anda merasa terdorong dan tertarik serta mendapat pemahaman baru?
             a. Sangat setuju   b. Setuju   d. kurang setuju  c. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
  5. Apakah dalam diri anda ada ketertarikan ketika mempelajari mata pelajaran PAK?
       a. Sangat setuju   b. Setuju   d. kurang setuju  c. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
  6. Apakah anda merasa tertarik ketika guru mengajar mengunakan media pembelajaran?
             a. Sangat setuju   b. Setuju   d. kurang setuju  c. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
  7. Apakah anda berminat mempelajari mata pelajaran PAK?
       a. Sangat setuju   b. Setuju   d. kurang setuju  c. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
  8. Apakah anda merasa penting dalam mempelajari mata pelajaran PAK?
             a. Sangat setuju   b. Setuju   d. kurang setuju  c. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
  9. Apakah ada perhatian anda ketika proses belajar mengajar berlangsung?
       a. Sangat setuju   b. Setuju   d. kurang setuju  c. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju

  10. Apakah anda merasa bahwa pembelajaran PAK sangat penting bagi diri anda maka diwajibkan untuk terlibat?
             a. Sangat setuju   b. Setuju   d. kurang setuju  c. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
  11. Apakah anda hadir di kelas sebelum mata pelajaran PAK dimulai?
             a. Sangat setuju   b. Setuju   d. kurang setuju  c. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
  12. Bagaimana keterlibatan anda sesudah mempelajari mata pelajaran PAK?
             a. Sangat setuju   b. Setuju   d. kurang setuju  c. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
  13. Apakah anda akan terus bersemangat melibatkan dalam proses belajar mengajar PAK?
             a. Sangat setuju   b. Setuju   d. kurang setuju  c. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
  14. Apakah benar anda ingin tahu tentang pelajaran PAK?
       a. Sangat setuju   b. Setuju   d. kurang setuju  c. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
  15. Apakah yang anda ingin lakukan setelah mempelajari mata pelajaran PAK?
             a. Sangat setuju   b. Setuju   d. kurang setuju  c. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
  16. Apakah ada manfaat untuk mempelajari mata pelajaran PAK dalam diri anda?
             a. Sangat setuju   b. Setuju   d. kurang setuju  c. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
  17. Apkah yang anda ingin kembangkan setelah mempelajari mata pelajaran PAK?
       a. Sangat setuju   b. Setuju   d. kurang setuju  c. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
  18. Apakah benar setelah mempelajari mata pelajaran PAK anda ingin menjadi garam dan terang dunia?
       a. Sangat setuju   b. Setuju   d. kurang setuju  c. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
  19. Apakah ada tanggung jawab anda setelah mempelajari mata pelajaran PAK?
             a. Sangat setuju   b. Setuju   d. kurang setuju  c. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
  20. Bagaimana Tanggung jawab anda mempelajari mata pelajaran PAK?
       a. Sangat setuju   b. Setuju   d. kurang setuju  c. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju


   Penggunaan pendekatan kontekstual pada minat pembelajaran PAK mestinya ada keterlibatan beberapa kondisi yang mendukung yaitu keseriusan pemahaman Guru dan murid terhadap penggunaan konteks yang akan dipelajari. Hasil pengamatan peneliti terhadap tanggapan siswa terhadap kondisi riil yang terjadi dalam proses peningkatan kualitas dari minat siswa SD GMIT Abangiwang terhadap PAK  seperti terlihat pada tabel Hasil berikut:
















Tabel Lembaran Penilaian Terhadap Minat Siswa mempelajari PAK


NO
Aspek aspek yang    dilakukan Dalam mempelajari mata pelajaran PAK
Kriteria
Jlh Responden
1
2
3
4
5
(SS)
(S)
(KS)
(TS)
(STS)
1
Apakah anda selalu bertanya kepada teman-teman anda tentang pelajaran PAK?
14
3
4
2
2
25
2
Apakah anda senang ketika guru menerangkan mata pelajaran PAK secara detail?
16
6
2
1
0
25
3
Apakah anda merasa senang ketika guru mengajar mata pelajaran PAK dan memberikan tugas untuk anda kerjakan?
18
3
3
1
0
25
4
Apakah dengan mempelajari mata pelajaran PAK anda merasa terdorong dan tertarik serta mendapat pemahaman baru?
14
4
1
2
4
25
5
Apakah dalam diri anda ada ketertarikan etika mempelajari mata pelajaran PAK?
9
5
4
3
4
25
6
Apakah anda merasa tertarik ketika guru mengajar mengunakan media pembelajaran??
13
4
3
3
2
25
7
 Apakah anda berminat mempelajari mata pelajaran PAK?
12
3
4
2
4
25
8
Apakah anda merasa penting dalam mempelajari mata pelajaran PAK?
11
3
3
2
6
25
9
Apakah ada perhatian anda ketika proses belajar mengajar berlangsung?
12
6
4
1
2
25
10
Apakah anda merasa bahwa pembelajaran PAK sangat penting bagi diri anda maka diwajibkan untuk terlibat?
15
2
2
2
4
25
11
Apakah anda hadir di kelas sebelum mata pelajaran PAK dimulai?
14
3
4
2
2
25
12
Bagaimana keterlibatan anda sesudah mempelajari mata pelajaran PAK?
16
6
2
1
0
25
13
Apakah anda akan terus bersemangat melibatkan dalam proses belajar mengajar PAK
18
3
3
1
0
25
14
Apakah benar anda ingin tahu tentang pelajaran PAK
14
4
1
2
4
25
15
Apakah yang anda ingin lakukan setelah mempelajari mata pelajaran PAK
12
3
4
2
4
25
16
Apakah ada manfaat untuk mempelajari mata pelajaran PAK dalam diri anda
11
3
3
2
6
25
17
Apkah yang anda ingin kembangkan setelah mempelajari mata pelajaran PAK?
13
5
5
2
0
25
18
Apakah benar setelah mempelajari mata pelajaran PAK anda ingin menjadi garam dan terang dunia?
17
3
2
2
1
25
19
Apakah ada tanggung jawab anda setelah mempelajari mata pelajaran PAK?
10
9
5
0
1
25
20
Bagaimana Tanggung jawab anda mempelajari mata pelajaran PAK?
10
8
2
3
2
25
JUMLAH BOBOT/KRITERIA
269
86
61
36
48
500



Keterangan Tabel 4.4:        
SS : Sangat Setuju (Kriteria 1)
S : Setuju (Kriteria 2)
KS : Kurang Setuju (Kriteria 3)
TS : Tidak Setuju (kriteria 4)
STS : Sangat Tidak Setuju (kriteria 5)

Berdasarkan pengamatan pada tabel 4.4 terlihat 10 aspek yang dilakukan dalam pembelajaran kontekstual pada PAKdasar meliputi bebrapa hal yang mendorong siswa-siswi tertarik belajar PAK terdapat beberapa aspek  yaitu:
1.        Apakah anda selalu bertanya kepada teman-teman anda tentang pelajaran PAK?. Ketika peneliti mengadakan pengamatan kepada 25 siswa-siswi ternyata kriteria 1 kategori Sangat Setuju (SS) terdapat 14 orang, kriteria 2 kategori Setuju (S) terdapat 3 orang, kriteria 3 kategori Kurang Setuju (KS) terdapat 4 orang, kriteria 4 kategori Tidak Setuju (TS) terdapat 2 orang dan kriteria 5 kategori Sangat Tidak Setuju (STS) terdapat  2 orang
2.      Meningkatkan Ketaatan Pada Tuhan Yesus. Ketika peneliti mengadakan pengamatan kepada 18 siswa-siswi ternyata kriteria 1 kategori Sangat Setuju (SS) terdapat 12 orang, kriteria 2 kategori Setuju (S) terdapat 6 orang, kriteria 3 kategori Kurang Setuju (KS) terdapat 0 orang, kriteria 4 kategori Tidak Setuju (TS) terdapat 0 orang dan kriteria 0 kategori Sangat Tidak Setuju (SS) terdapat 0 orang
3.      Pelajaran PAK dapat menumbuhkan damai sejaterah. Ketika peneliti mengadakan pengamatan kepada 18 siswa-siswi ternyata kriteria 1 kategori Sangat Setuju (SS) terdapat 14 orang, kriteria 2 kategori Setuju (S) terdapat 3 orang, kriteria 3 kategori Kurang Setuju (KS) terdapat 1 orang, kriteria 4 kategori Tidak Setuju (TS) terdapat 0 orang dan kriteria 5 kategori Sangat Tidak Setuju (SS) terdapat 0 orang
4.      Meningkatkan hubungan kekeluargaan dalam kasih. Ketika peneliti mengadakan pengamatan kepada 18 siswa-siswi ternyata kriteria 1 kategori Sangat Setuju (SS) terdapat 5 orang, kriteria 2 kategori Setuju (S) terdapat 4 orang, kriteria 3 kategori Kurang Setuju (KS) terdapat 1 orang, kriteria 4 kategori Tidak Setuju (TS) terdapat 2 orang dan kriteria 5 kategori Sangat Tidak Setuju (SS) terdapat 6 orang
5.      Setelah belajar PAK, saya bisa merubah untuk tidak melawan orang tua , guru dan sesama. Ketika peneliti mengadakan pengamatan kepada 18 siswa-siswi ternyata kriteria 1 kategori Sangat Setuju (SS) terdapat 8 orang, kriteria 2 kategori Setuju (S) terdapat 2 orang, kriteria 3 kategori Kurang Setuju (KS) terdapat 1 orang, kriteria 4 kategori Tidak Setuju (TS) terdapat 3 orang dan kriteria 5 kategori Sangat Tidak Setuju (SS) terdapat 4 orang
6.      Aspek Pengetahuan Materi dan kecerdasan. Ketika peneliti mengadakan pengamatan kepada 18 siswa-siswi ternyata kriteria 1 kategori Sangat Setuju (SS) terdapat 6 orang, kriteria 2 kategori Setuju (S) terdapat 4 orang, kriteria 3 kategori Kurang Setuju (KS) terdapat 3 orang, kriteria 4 kategori Tidak Setuju (TS) terdapat 3 orang dan kriteria 5 kategori Sangat Tidak Setuju (SS) terdapat 2 orang
7.      Supaya bisa dibanggakan oleh teman lainnya ketika menonjol/prestasi dari teman lainnya atau dibanggakan saat tidak nakal. Ketika peneliti mengadakan pengamatan kepada 18 siswa-siswi ternyata kriteria 1 kategori Sangat Setuju (SS) terdapat 5 orang, kriteria 2 kategori Setuju (S) terdapat 3 orang, kriteria 3 kategori Kurang Setuju (KS) terdapat 4 orang, kriteria 4 kategori Tidak Setuju (TS) terdapat 2 orang dan kriteria 5 kategori Sangat Tidak Setuju (SS) terdapat 4 orang
8.      Setelah belajar PAK, saya memahami betapa pentingnya taat pada Tuhan Yesus melalui sikap yang baik, berbagi kasih , beriman dan berpengharapan pada Tuhan  Ketika peneliti mengadakan pengamatan kepada 18 siswa-siswi ternyata kriteria 1 kategori Sangat Setuju (SS) terdapat 4 orang, kriteria 2 kategori Setuju (S) terdapat 3 orang, kriteria 3 kategori Kurang Setuju (KS) terdapat 3 orang, kriteria 4 kategori Tidak Setuju (TS) terdapat 2 orang dan kriteria 5 kategori Sangat Tidak Setuju (SS) terdapat 6 orang
9.      Pelajaran PAK mengajarkan bahwa Tuhan Yesus Guru Agung, sumber pemberi kehidupan, sumber keslamatan yang kekal, setiap orang yang percaya akan diselamatkan. Ketika peneliti mengadakan pengamatan kepada 18 siswa-siswi ternyata kriteria 1 kategori Sangat Setuju (SS) terdapat 5 orang, kriteria 2 kategori Setuju (S) terdapat 6 orang, kriteria 3 kategori Kurang Setuju (KS) terdapat 4 orang, kriteria 4 kategori Tidak Setuju (TS) terdapat 1 orang dan kriteria 5 kategori Sangat Tidak Setuju (SS) terdapat 2 orang
10.  Saya tekun belajar PAK karena melalui belajar PAK saya dapat tahu membedakan mana yang baik dan mana yang jahat serta dalam pergaulan saya menganggap semua sama di mata Tuhan. Saya memahami betapa mulia dan besar_Nya kasih Tuhan yang harus disyukuri. Ketika peneliti mengadakan pengamatan kepada 18 siswa-siswi ternyata kriteria 1 kategori Sangat Setuju (SS) terdapat 8 orang, kriteria 2 kategori Setuju (S) terdapat 2 orang, kriteria 3 kategori Kurang Setuju (KS) terdapat 2 orang, kriteria 4 kategori Tidak Setuju (TS) terdapat 2 orang dan kriteria 5 kategori Sangat Tidak Setuju (SS) terdapat 4 orang

BBBBBBBBBBBBBBBB(RUBA SESUAI TABEL DIATAS BEKIN SAMAPAI 20 lihat contah 1

Analisa Data Pengamatan
Berdasarkan pada tabel 4.4 maka untuk menganalisa data pengamatan di atas maka peneliti mengadopsi data tersebut secara ringkas seperti pada tabel 4.5 di bawah ini.
Tabel 4.5.Tabel Kriteria Observasi Terhadap Terhadap Minat Siswa mempelajari PAK
Pertanyaan
Aspek aspek yang  dilakukan Dalam mempelajari mata pelajaran PAK
         Kriteria
Jlh Skor setiap Kriteria
1
2
3
4
5
Dari nomor 1 sampai nomor 20
Ada 20 aspek yang dilakukan dalam minat siswa mempelajari mata pelajaran PAK




 269




86




61




36




48
     Jumlah skor seluruhnya =(25Responden X 20 Aspek) = 500



Berdasarkan pada tabel 4.5 di atas maka analisa untuk setiap kriteria adalah sebagai berikut:
1.      Kriteria 1 kategori Sangat Setuju (SS)
SS= (269/500) X 100%
SS= 53,8%
2.      Kriteria 2 kategori Setuju (S)
 
S= (86/500) X 100%
 S= 17,2%
3.      Kriteria 3 kategori Kurang Setuju (KS)
 (61/500) X 100%
KS= 12,2%

4.      Kriteria 4 kategori Tidak Setuju (TS)
           TS=  (36/500) X 100%=
TS= 7,2%
5.      Kriteria 5 kategori Sangat Tidak Setuju (STS)
STS =(48/500) X 100%
STS=9..6 %
Dapat terdistribusi pada diagram berikut:
Dari analisa data sesuai dengan perhitungan di atas ternyata dari 10 aspek yang ditanyakan dalam pengamatan di lapangan/tempat penelitian nominasi kriteria 1 sebanyak 53,8 % , masuk nominasi kriteria 2 sebanyak 17,2%, masuk nominasi krteria 3 sebanyak 12,2 %, masuk nominasi kriteria 4 sebanyak 7,2%  sedangkan kriteria 5 sebanyak 9,6%.
Jadi Penelitian ini menyatakan bahwa ada ketertarikan siswa-siwi dalam mempelajari mata pelajaran PAK dan atau siswa-siswi mendominasi sangat setuju jika ada pelajaran PAK di SD GMIT Abangiwang, merupakan hipotesis atau jawaban untuk sementara ini diterima sebagai jawaban dalam tujuan penelitian yang sudah dilakukan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar