Bacalah pertanyaan di bawah ini dengan tepat
dan berilah tanda silang (x) pada, huruf A,B,C dan D. Pada tiap-tiap nomor
pertanyaan tersebut yang tepat sesuai dengan pemahaman anda.
1. Apakah anda selalu bertanya kepada
teman-teman anda tentang pelajaran PAK?
a.
Sangat setuju b. Setuju d. kurang setuju c.
Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
2. Apakah anda senang ketika guru
menerangkan mata pelajaran PAK secara detail?
a.
Sangat setuju b. Setuju d. kurang setuju c.
Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
3. Apakah anda merasa senang ketika
guru mengajar mata pelajaran PAK dan memberikan tugas untuk anda kerjakan?
a. Sangat setuju b. Setuju d. kurang setuju c.
Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
4. Apakah dengan mempelajari mata
pelajaran PAK anda merasa terdorong dan tertarik serta mendapat pemahaman baru?
a. Sangat setuju b. Setuju d. kurang setuju c.
Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
5. Apakah dalam diri anda ada
ketertarikan ketika mempelajari mata pelajaran PAK?
a.
Sangat setuju b. Setuju d. kurang setuju c.
Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
6. Apakah anda merasa tertarik ketika
guru mengajar mengunakan media pembelajaran?
a. Sangat setuju b. Setuju d. kurang setuju c.
Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
7. Apakah anda berminat mempelajari
mata pelajaran PAK?
a.
Sangat setuju b. Setuju d. kurang setuju c.
Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
8. Apakah anda merasa penting dalam
mempelajari mata pelajaran PAK?
a. Sangat setuju b. Setuju d. kurang setuju c.
Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
9. Apakah ada perhatian anda ketika
proses belajar mengajar berlangsung?
a.
Sangat setuju b. Setuju d. kurang setuju c.
Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
10. Apakah anda merasa bahwa
pembelajaran PAK sangat penting bagi diri anda maka diwajibkan untuk terlibat?
a. Sangat setuju b. Setuju d. kurang setuju c.
Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
11. Apakah anda hadir di kelas sebelum
mata pelajaran PAK dimulai?
a. Sangat setuju b. Setuju d. kurang setuju c.
Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
12. Bagaimana keterlibatan anda
sesudah mempelajari mata pelajaran PAK?
a. Sangat setuju b. Setuju d. kurang setuju c.
Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
13. Apakah anda akan terus bersemangat
melibatkan dalam proses belajar mengajar PAK?
a. Sangat setuju b. Setuju d. kurang setuju c.
Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
14. Apakah benar anda ingin tahu
tentang pelajaran PAK?
a.
Sangat setuju b. Setuju d. kurang setuju c.
Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
15. Apakah yang anda ingin lakukan
setelah mempelajari mata pelajaran PAK?
a. Sangat setuju b. Setuju d. kurang setuju c.
Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
16. Apakah ada manfaat untuk
mempelajari mata pelajaran PAK dalam diri anda?
a. Sangat setuju b. Setuju d. kurang setuju c.
Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
17. Apkah yang anda ingin kembangkan
setelah mempelajari mata pelajaran PAK?
a.
Sangat setuju b. Setuju d. kurang setuju c.
Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
18. Apakah benar setelah mempelajari
mata pelajaran PAK anda ingin menjadi garam dan terang dunia?
a.
Sangat setuju b. Setuju d. kurang setuju c.
Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
19. Apakah ada tanggung jawab anda
setelah mempelajari mata pelajaran PAK?
a. Sangat setuju b. Setuju d. kurang setuju c.
Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
20. Bagaimana Tanggung jawab anda
mempelajari mata pelajaran PAK?
a.
Sangat setuju b. Setuju d. kurang setuju c.
Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
Penggunaan pendekatan kontekstual pada minat pembelajaran PAK mestinya ada
keterlibatan beberapa kondisi yang mendukung yaitu keseriusan pemahaman Guru
dan murid terhadap penggunaan konteks yang akan dipelajari. Hasil pengamatan
peneliti terhadap tanggapan siswa terhadap kondisi riil yang terjadi dalam
proses peningkatan kualitas dari minat siswa SD GMIT Abangiwang terhadap PAK
seperti terlihat pada tabel Hasil berikut:
Tabel Lembaran Penilaian
Terhadap Minat Siswa mempelajari PAK
NO
|
Aspek aspek yang
dilakukan Dalam mempelajari mata pelajaran PAK
|
Kriteria
|
Jlh Responden
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
(SS)
|
(S)
|
(KS)
|
(TS)
|
(STS)
|
|||
1
|
Apakah
anda selalu bertanya kepada teman-teman anda tentang pelajaran PAK?
|
14
|
3
|
4
|
2
|
2
|
25
|
2
|
Apakah
anda senang ketika guru menerangkan mata pelajaran PAK secara detail?
|
16
|
6
|
2
|
1
|
0
|
25
|
3
|
Apakah anda merasa senang ketika guru mengajar
mata pelajaran PAK dan memberikan tugas untuk anda kerjakan?
|
18
|
3
|
3
|
1
|
0
|
25
|
4
|
Apakah dengan mempelajari mata pelajaran
PAK anda merasa terdorong dan tertarik serta mendapat pemahaman baru?
|
14
|
4
|
1
|
2
|
4
|
25
|
5
|
Apakah
dalam diri anda ada ketertarikan etika mempelajari mata pelajaran PAK?
|
9
|
5
|
4
|
3
|
4
|
25
|
6
|
Apakah
anda merasa tertarik ketika guru mengajar mengunakan media pembelajaran??
|
13
|
4
|
3
|
3
|
2
|
25
|
7
|
Apakah
anda berminat mempelajari mata pelajaran PAK?
|
12
|
3
|
4
|
2
|
4
|
25
|
8
|
Apakah anda merasa penting dalam
mempelajari mata pelajaran PAK?
|
11
|
3
|
3
|
2
|
6
|
25
|
9
|
Apakah ada perhatian anda ketika proses
belajar mengajar berlangsung?
|
12
|
6
|
4
|
1
|
2
|
25
|
10
|
Apakah
anda merasa bahwa pembelajaran PAK sangat penting bagi diri anda maka
diwajibkan untuk terlibat?
|
15
|
2
|
2
|
2
|
4
|
25
|
11
|
Apakah
anda hadir di kelas sebelum mata pelajaran PAK dimulai?
|
14
|
3
|
4
|
2
|
2
|
25
|
12
|
Bagaimana
keterlibatan anda sesudah mempelajari mata pelajaran PAK?
|
16
|
6
|
2
|
1
|
0
|
25
|
13
|
Apakah
anda akan terus bersemangat melibatkan dalam proses belajar mengajar PAK
|
18
|
3
|
3
|
1
|
0
|
25
|
14
|
Apakah
benar anda ingin tahu tentang pelajaran PAK
|
14
|
4
|
1
|
2
|
4
|
25
|
15
|
Apakah
yang anda ingin lakukan setelah mempelajari mata pelajaran PAK
|
12
|
3
|
4
|
2
|
4
|
25
|
16
|
Apakah
ada manfaat untuk mempelajari mata pelajaran PAK dalam diri anda
|
11
|
3
|
3
|
2
|
6
|
25
|
17
|
Apkah
yang anda ingin kembangkan setelah mempelajari mata pelajaran PAK?
|
13
|
5
|
5
|
2
|
0
|
25
|
18
|
Apakah
benar setelah mempelajari mata pelajaran PAK anda ingin menjadi garam dan
terang dunia?
|
17
|
3
|
2
|
2
|
1
|
25
|
19
|
Apakah
ada tanggung jawab anda setelah mempelajari mata pelajaran PAK?
|
10
|
9
|
5
|
0
|
1
|
25
|
20
|
Bagaimana
Tanggung jawab anda mempelajari mata pelajaran PAK?
|
10
|
8
|
2
|
3
|
2
|
25
|
JUMLAH BOBOT/KRITERIA
|
269
|
86
|
61
|
36
|
48
|
500
|
Keterangan Tabel
4.4:
SS : Sangat Setuju (Kriteria 1)
S : Setuju (Kriteria 2)
KS : Kurang Setuju (Kriteria 3)
TS : Tidak Setuju (kriteria 4)
STS : Sangat Tidak Setuju (kriteria 5)
Berdasarkan pengamatan
pada tabel 4.4 terlihat 10 aspek yang dilakukan dalam pembelajaran kontekstual
pada PAKdasar meliputi bebrapa hal yang mendorong siswa-siswi tertarik belajar
PAK terdapat beberapa aspek yaitu:
1. Apakah anda selalu bertanya
kepada teman-teman anda tentang pelajaran PAK?. Ketika peneliti mengadakan
pengamatan kepada 25 siswa-siswi ternyata
kriteria 1 kategori Sangat Setuju (SS) terdapat 14
orang, kriteria 2 kategori Setuju (S) terdapat 3
orang, kriteria 3 kategori Kurang Setuju (KS) terdapat 4 orang, kriteria 4
kategori Tidak Setuju (TS) terdapat 2
orang dan kriteria 5 kategori Sangat Tidak Setuju (STS) terdapat 2 orang
2. Meningkatkan
Ketaatan Pada Tuhan Yesus. Ketika peneliti mengadakan pengamatan kepada 18 siswa-siswi
ternyata kriteria 1 kategori Sangat Setuju (SS) terdapat 12 orang, kriteria 2
kategori Setuju (S) terdapat 6 orang, kriteria 3 kategori Kurang Setuju (KS)
terdapat 0 orang, kriteria 4 kategori Tidak Setuju (TS) terdapat 0 orang dan
kriteria 0 kategori Sangat Tidak Setuju (SS) terdapat 0 orang
3. Pelajaran
PAK dapat menumbuhkan damai sejaterah. Ketika peneliti mengadakan pengamatan
kepada 18 siswa-siswi ternyata kriteria 1 kategori Sangat Setuju (SS) terdapat
14 orang, kriteria 2 kategori Setuju (S) terdapat 3 orang, kriteria 3 kategori
Kurang Setuju (KS) terdapat 1 orang, kriteria 4 kategori Tidak Setuju (TS)
terdapat 0 orang dan kriteria 5 kategori Sangat Tidak Setuju (SS) terdapat 0
orang
4. Meningkatkan
hubungan kekeluargaan dalam kasih. Ketika peneliti mengadakan pengamatan kepada
18 siswa-siswi ternyata kriteria 1 kategori Sangat Setuju (SS) terdapat 5
orang, kriteria 2 kategori Setuju (S) terdapat 4 orang, kriteria 3 kategori
Kurang Setuju (KS) terdapat 1 orang, kriteria 4 kategori Tidak Setuju (TS)
terdapat 2 orang dan kriteria 5 kategori Sangat Tidak Setuju (SS) terdapat 6
orang
5. Setelah
belajar PAK, saya bisa merubah untuk tidak melawan orang tua , guru dan sesama.
Ketika peneliti mengadakan pengamatan kepada 18 siswa-siswi ternyata kriteria 1
kategori Sangat Setuju (SS) terdapat 8 orang, kriteria 2 kategori Setuju (S)
terdapat 2 orang, kriteria 3 kategori Kurang Setuju (KS) terdapat 1 orang,
kriteria 4 kategori Tidak Setuju (TS) terdapat 3 orang dan kriteria 5 kategori
Sangat Tidak Setuju (SS) terdapat 4 orang
6. Aspek
Pengetahuan Materi dan kecerdasan. Ketika peneliti mengadakan pengamatan kepada
18 siswa-siswi ternyata kriteria 1 kategori Sangat Setuju (SS) terdapat 6
orang, kriteria 2 kategori Setuju (S) terdapat 4 orang, kriteria 3 kategori
Kurang Setuju (KS) terdapat 3 orang, kriteria 4 kategori Tidak Setuju (TS)
terdapat 3 orang dan kriteria 5 kategori Sangat Tidak Setuju (SS) terdapat 2
orang
7. Supaya
bisa dibanggakan oleh teman lainnya ketika menonjol/prestasi dari teman lainnya
atau dibanggakan saat tidak nakal. Ketika peneliti mengadakan
pengamatan kepada 18 siswa-siswi ternyata kriteria 1 kategori Sangat Setuju
(SS) terdapat 5 orang, kriteria 2 kategori Setuju (S) terdapat 3 orang,
kriteria 3 kategori Kurang Setuju (KS) terdapat 4 orang, kriteria 4 kategori
Tidak Setuju (TS) terdapat 2 orang dan kriteria 5 kategori Sangat Tidak Setuju
(SS) terdapat 4 orang
8. Setelah
belajar PAK, saya memahami betapa pentingnya taat pada Tuhan Yesus melalui
sikap yang baik, berbagi kasih , beriman dan berpengharapan pada Tuhan
Ketika peneliti mengadakan pengamatan kepada 18 siswa-siswi ternyata
kriteria 1 kategori Sangat Setuju (SS) terdapat 4 orang, kriteria 2 kategori
Setuju (S) terdapat 3 orang, kriteria 3 kategori Kurang Setuju (KS) terdapat 3
orang, kriteria 4 kategori Tidak Setuju (TS) terdapat 2 orang dan kriteria 5
kategori Sangat Tidak Setuju (SS) terdapat 6 orang
9. Pelajaran
PAK mengajarkan bahwa Tuhan Yesus Guru Agung,
sumber pemberi kehidupan, sumber keslamatan yang kekal, setiap orang yang
percaya akan diselamatkan. Ketika peneliti mengadakan pengamatan kepada 18
siswa-siswi ternyata kriteria 1 kategori Sangat Setuju (SS) terdapat 5 orang,
kriteria 2 kategori Setuju (S) terdapat 6 orang, kriteria 3 kategori Kurang
Setuju (KS) terdapat 4 orang, kriteria 4 kategori Tidak Setuju (TS) terdapat 1
orang dan kriteria 5 kategori Sangat Tidak Setuju (SS) terdapat 2 orang
10. Saya tekun belajar PAK karena
melalui belajar PAK saya dapat tahu membedakan mana yang baik dan mana yang
jahat serta dalam pergaulan saya menganggap semua sama di mata Tuhan. Saya
memahami betapa mulia dan besar_Nya kasih Tuhan yang harus disyukuri. Ketika
peneliti mengadakan pengamatan kepada 18 siswa-siswi ternyata kriteria 1
kategori Sangat Setuju (SS) terdapat 8 orang, kriteria 2 kategori Setuju (S)
terdapat 2 orang, kriteria 3 kategori Kurang Setuju (KS) terdapat 2 orang,
kriteria 4 kategori Tidak Setuju (TS) terdapat 2 orang dan kriteria 5 kategori
Sangat Tidak Setuju (SS) terdapat 4 orang
BBBBBBBBBBBBBBBB(RUBA SESUAI TABEL DIATAS BEKIN
SAMAPAI 20 lihat contah 1
Analisa Data Pengamatan
Berdasarkan pada tabel
4.4 maka untuk menganalisa data pengamatan di atas maka peneliti mengadopsi
data tersebut secara ringkas seperti pada tabel 4.5 di bawah ini.
Tabel 4.5.Tabel Kriteria Observasi Terhadap Terhadap Minat Siswa
mempelajari PAK
Pertanyaan
|
Aspek
aspek yang dilakukan Dalam mempelajari mata pelajaran PAK
|
Kriteria
|
Jlh
Skor setiap Kriteria
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
Dari
nomor 1 sampai nomor 20
|
Ada
20 aspek yang dilakukan dalam minat siswa mempelajari mata pelajaran PAK
|
√
|
269
|
||||
√
|
86
|
||||||
√
|
61
|
||||||
√
|
36
|
||||||
√
|
48
|
||||||
Jumlah skor seluruhnya =(25Responden X 20 Aspek) = 500
|
Berdasarkan pada tabel
4.5 di atas maka analisa untuk setiap kriteria adalah sebagai berikut:
1. Kriteria
1 kategori Sangat Setuju (SS)
SS= (269/500) X 100%
SS= 53,8%
2. Kriteria
2 kategori Setuju (S)

S= (86/500) X 100%
S= 17,2%
3. Kriteria
3 kategori Kurang Setuju (KS)
(61/500) X 100%
KS= 12,2%
4. Kriteria
4 kategori Tidak Setuju (TS)
TS= (36/500) X 100%=
TS= 7,2%
5. Kriteria
5 kategori Sangat Tidak Setuju (STS)
STS =(48/500) X 100%
STS=9..6 %
Dapat terdistribusi pada diagram berikut:

Dari analisa data sesuai
dengan perhitungan di atas ternyata dari 10 aspek yang ditanyakan dalam
pengamatan di lapangan/tempat penelitian nominasi kriteria 1 sebanyak 53,8 % , masuk
nominasi kriteria 2 sebanyak 17,2%, masuk nominasi krteria 3 sebanyak 12,2 %,
masuk nominasi kriteria 4 sebanyak 7,2% sedangkan kriteria 5 sebanyak
9,6%.
Jadi Penelitian ini menyatakan
bahwa ada ketertarikan siswa-siwi dalam mempelajari mata pelajaran PAK dan atau
siswa-siswi mendominasi sangat setuju jika ada pelajaran PAK di SD GMIT
Abangiwang, merupakan hipotesis atau jawaban untuk sementara ini diterima
sebagai jawaban dalam tujuan penelitian yang sudah dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar