KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KUPANG
SEKOLAH MENENGAH TEOLOGI KRISTEN (SMTK) TARUS
Jln Timor Raya Km. 14 Tarus Kecamatan Kupang
Tengah
Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur

PROGRAM SEMESTER
MATA
PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/ SEMESTER :
X/I
TAHUN PELAJARAN : 2014/2015
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
ALOKASI
WAKTU
|
BULAN
|
KET
|
||||||||||||||||||||||||||||
JULI
|
AGUS
|
SEPT
|
OKT
|
NOV
|
DES
|
|||||||||||||||||||||||||||
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||||
Memilih dan menerapkan aturan eksponen
dan logaritma sesuai
dengan karakteristik
permasalahan yang
akan diselesaikan
dan memeriksa kebenaran
langkah-langkahnya.
|
Siswa
memahami Eksponen dan Logaritma
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menyajikan
masalah nyata menggunakan
operasi aljabar berupa eksponen
dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat- sifat
dan aturan yang telah terbukti
kebenarannya
|
Siswa
memahami Eksponen dan Logaritma
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mendeskripsikan
dan menganalisis
konsep nilai
mutlak
dalam persamaan
dan pertidaksamaan
serta
menerapkannya
dalam pemecahan
masalah nyata
|
Siswa
memahai Persamaan dan Pertidaksamaan
Nilai Mutlak
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
ALOKASI
WAKTU
|
BULAN
|
KET
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOVEMBER
|
DES
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||||||||||
Menerapkan
konsep nilai mutlak
dalam persamaan
dan pertidaksamaan linier dalam
memecahkan masalah nyata
|
Siswa
memahami Persamaan dan Pertidaksamaan
Nilai Mutlak
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
Membuat model matematika berupa
persamaan dan
pertidaksamaan
linear dua variabel yang melibatkan nilai mutlak
dari situasi nyata dan
matematika, serta
menentukan jawab
dan menganalisis model
sekaligus jawabnya
|
Siswa
memahami Persamaan dan Pertidaksamaan
Nilai Mutlak
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
ALOKASI
WAKTU
|
BULAN
|
KET
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOVEMBER
|
DES
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
Membuat model matematika berupa
persamaan dan
pertidaksamaan
linear dua variabel yang melibatkan nilai mutlak
dari situasi nyata dan
matematika, serta
menentukan jawab
dan menganalisis model
sekaligus jawabnya
|
Siswa
memahami Persamaan dan Pertidaksamaan
Nilai Mutlak
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mendeskripsikan konsep
sistem persamaan linier
dua dan tiga variable serta
pertidaksamaan
linier dua variabel dan mampu menerapkan berbagai
strategi yang efektif dalam menentukan
himpunan penyelesaiannya serta
memeriksa kebenaran
jawabannya dalam pemecahan masalah
matematika
|
Siswa
memahami sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Dua Variabel,
dan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mendeskripsikan konsep matriks sebagai
representasi numeric dalam kaitannya dengan
konteks nyata.
|
Siswa
memahami konsep Matriks
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
ALOKASI
WAKTU
|
BULAN
|
KET
|
|||||||||||||||||||||||||||
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOVEMBER
|
DES
|
||||||||||||||||||||||||||
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
Mendeskripsikan operasi
sederhana matriks serta
menerapkannya dalam pemecahan
masalah
|
Siswa
memahami konsep Matriks dalam pemecahan masalah
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
ALOKASI
WAKTU
|
BULAN
|
KET
|
|||||||||||||||||||||||||||
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOVEMBER
|
DES
|
||||||||||||||||||||||||||
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
Menyajikan model matematika dari suatu masalah
nyata yang berkitan
dengan matriks.
|
Siswa memahami bagaimana mengaitkan masalah nyata dan
dipecahkan dengan konsep matriks
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mendeskripsikan daerah
asal,
daerah kawan,
dan daerah
hasil suatu relasi antara dua himpunan yang disajikan
dalam
berbagai bentuk (grafik,
himpunan pasangan
terurut, atau ekspresi
simbolik)
|
Siswa
memahami pendeskripsian Relasi dan Fungsi
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengidentifikasi
relasi yang disajikan dalam berbagai
bentuk yang merupakan
fungsi
|
Siswa
memahami lalu mengidentifikasi Relasi dan Fungsi
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
ALOKASI
WAKTU
|
BULAN
|
KET
|
||||||||||||||||||||||||||||
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOVEMBER
|
DES
|
|||||||||||||||||||||||||||
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
Menerapkan daerah asal, dan daerah hasil fungsi
dalam menyelesaikan masalah.
|
Siswa
memahami penerapan Relasi dan Fungsi
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
ALOKASI
WAKTU
|
BULAN
|
KET
|
|||||||||||||||||||||||||||
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOVEMBER
|
DES
|
||||||||||||||||||||||||||
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
Memprediksi
pola barisan dan
deret aritmetika dan geometri atau
barisan. lainnya melalui
pengamatan dan
memberikan alasannya
|
Siswa mampu memprediksi Barisan dan Deret
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menyajikan
hasil, menemukan pola barisan dan
deret dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana.
|
Siswa
mampu menemukan pola barisan dan deret dalam memecahkan masalah.
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mendeskripsikan berbagai
bentuk ekspresi yang dapat
diubah menjadi persamaan kuadrat.
|
Mendeskripsikan
bentuk Persamaan dan Fungsi Kuadrat
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
ALOKASI
WAKTU
|
BULAN
|
KET
|
|||||||||||||||||||||||||||
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOVEMBER
|
DES
|
||||||||||||||||||||||||||
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
Mendeskripsikan persamaan dan fungsi kuadrat, memilih strategi
dan menerapkan
untuk menyelesaikan persamaan
dan fungsi kuadrat
serta memeriksa kebenaran
jawabannya
|
Mendeskripsikan
bentuk Persamaan dan Fungsi Kuadrat
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Tarus, Juli 2014
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Amedniada D. Haekase, S. Pd Melki I. Puling Tang, S.Si
NIP.19750112 200003 2 002
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar